Mohon tunggu...
walkingbook
walkingbook Mohon Tunggu... Full Time Blogger - booklover

penulis the dark years-hans

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kompasianer Hiatus dan Penghuni Gua Ashabul Kahfi

17 November 2023   23:06 Diperbarui: 27 November 2023   15:36 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kapsul hibernasi sumber gambar techno okezone

Setelah bergabung di kompasiana pada 12 September 2022, saya sempat hibernasi--hiatus--"mati suri" selama beberapa bulan (tepatnya setahun), dan baru memulai menulis pada 31 Oktober 2023--seperti wombat saya ber-hiatus cukup lama di gua

Setelah mencoba menulis di beberapa social weblog atau blog , ternyata kompasiana paling menarik. Terutama karena kemudahan mengakses dan interaksi antar kompasianernya. Sesuatu yang sebenarnya sederhana tapi justru menjadi sebuah kelebihan bagi sebuah weblog.

Apalagi para penulis pemula-umumnya tak mau dipersulit dengan hal-hal teknis, terutama kurasi yang ketat. Atau waktu izin tayang yang lama. Sistem seperti itu sering membuat para penulis merasa bosan dan tidak sabaran. Tapi di kompasiana kita tidak menemukan kendala itu.

Bahkan setelah kita melengkapi administrasinya, dalam waktu itu juga akun kita bisa digunakan, dan akun kita langsung diberi poin pembuka sebagai bonus sebesar 50 poin.

Dan lebih menariknya lagi adalah respon dari para kompasianer lain yang begitu cepat. Bahkan para pendatang baru biasanya disambut dengan suka cita termasuk oleh para kompasianer centang biru-yaitu para senior, yang bersedia merespon tulisan pertama kita dengan penuh perhatian.

Bukan itu saja, banyak kejutan lain melalui even di kompasiana,  selain tulisan di akun kompasiana bisa diekstensi naik kelas ke kompas.com, tentu saja dengan imbalan yang menarik.

perjalanan menulis setahun (dua bulan?) sumber gambar dokumentasi pribadi diolah dari kompasiana
perjalanan menulis setahun (dua bulan?) sumber gambar dokumentasi pribadi diolah dari kompasiana

SEBAIKNYA KALIAN TAU!

Blog adalah sebuah situs web yang dapat mempublikasikan konten secara reguler dalam bentuk tulisan, gambar, audio, atau video. Konten dalam blog disajikan dalam bentuk postingan-postingan yang diurutkan berdasarkan waktu publikasi terbaru di bagian atas halaman. Blog dapat mencakup beragam jenis, termasuk blog pribadi, blog berita, blog perjalanan, blog kuliner, blog teknologi, blog fashion, dan banyak lagi. Setiap jenis blog memiliki fokus dan tujuan uniknya sendiri, sesuai dengan minat dan keahlian penulisnya.

Blog pertama kali dimulai pada tahun 1999, yang kemudian dikembangkan oleh Google pada tahun 2003. Sejarah Blog pertama kali dari istilah “Weblog” yang diciptakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997. Weblog pada awalnya adalah situs yang berisi kumpulan tautan dan catatan harian yang diurutkan berdasarkan tanggal. Pada tahun 1999, platform blogging pertama yang dikenal dengan nama “Blogger” didirikan oleh Pyra Labs. Platform ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dan mempublikasikan blog mereka tanpa memerlukan pengetahuan mendalam tentang pemrograman atau desain web.

kompasianer yang berkesempatan bisa ketemu presiden sumber gambar kompas.com
kompasianer yang berkesempatan bisa ketemu presiden sumber gambar kompas.com

Silaturahmi Antar Kompasianer

Menulis menjadi ajang kita bisa bertemu banyak sahabat kompasianer. Dan sejak bergabung setidaknya saya tahu 5 (lima) hal penting yang bisa menguntungkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun