Mohon tunggu...
Hanifatul Arifin
Hanifatul Arifin Mohon Tunggu... Mahasiswa - English Education Department 2018

Hi, glad to see you! Happy reading:)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tetap Menjaga Kebugaran Tubuh dan Mental di Tengah Pandemi COVID-19

28 Juni 2021   14:06 Diperbarui: 29 Juni 2021   10:58 103 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selasa (22/06/2021) kegiatan kelas yoga di pagi hari


Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga saat ini. Sebab ketika pandemi covid-19 melanda hampir seluruh dunia, semua orang bisa terjangkit virus mematikan tersebut. Karena itu menurut para ahli, satu-satunya yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga.


Olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk menghindari berbagai penyakit. Aktivitas ini dapat juga menjadi hiburan bagi yang melakukannya. Namun, di masa pandemi ini masyarakat yang biasanya berolahraga bersama dapat menjalaninya secara terbatas. Tetap berolahraga di rumah adalah cara terbaik untuk sehat dan tidak terpapar COVID-19.


Pada situasi Pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 membuat seluruh aktifitas menjadi terhambat. Mulai dari pekerjaan, aktifitas harian, kegiatan rutin, dan  berwisata. Perubahan  aktifitas yang biasa kita lakukan secara tatap muka mendadak berubah sangat drastis. Selama pandemi Covid-19 berlangsung, pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat agar tidak melaksanakan seluruh aktifitas nya. Guna menghindari ada nya kerumunan di tempat.


Olahraga yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19 adalah jenis olahraga seperti kardio, aerobik dan anaerobik yang bisa dilakukan di rumah. Golongan olahraga kardio atau aerobik adalah joging, jalan, bersepeda, yoga dan senam aerobik. Olahraga kardio atau aerobik sangat baik dilakukan karena lebih meningkatkan kemampuan kerja jantung dan paru-paru.


Salah satu studio yoga di kota Klaten yaitu studio Titan Yoga selama pandemi tetap membuka kelas yoga bagi para masyarakat namun tentunya tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Seperti halnya, dengan membatasi jumlah peserta kelas yoga maka dapat menghidari adanya kerumunan. Dengan begitu masyarakat tetap bisa menjalankan rutinitas yoga dan tetap menjaga kebugaran tubuh serta mental di masa pandemi seperti ini.


Sri Mundari, CYT, seorang instruktur yoga mengatakan "Olahraga yoga baik untuk fisik seeseorang agar tetap bugar serta terhindar dari berbagai penyakit". Ndari mengatakan, "rutin melakukan yoga bisa membantu membuat mental, sosial, emosional, dan spiritual seseorang menjadi lebih baik",


Pada hari Selasa (22/06/2021), salah satu kelas yoga dilakukan pada pagi dan sore hari di studio Titan Yoga. Jumlah peserta tersebut tiap masing-masing kelas yaitu 5 peserta. Kegiatan kelas yoga tersebut tetap menerapkan jaga jarak antar orang. Pengurangan peserta yoga dilakukan selama pandemi guna menghindari terjadi nya kerumunan.


"Kapasitas maksimal untuk satu kelas setiap sesi beranggotakan 5 peserta. Sebelumnya setiap kelas bisa mencapai 8 peserta, namun selama pandemi aturan pengurangan peserta dilakukan" tutur Ndari, instruktur yoga. Ditetapkannya aturan seperti ini agar kegiatan berjalan dengan efektif dan tetap menjalankan protocol kesehatan.


Praktik olah tubuh ini kini telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi, baik itu berupa gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres. Beberapa manfaat yoga untuk tubuh yaitu seperti mengurangi nyeri sendi, melatih otot, menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah, dan memperlangsing perut.


Adapun manfaat yoga untuk kesehatan mental yaitu seperti mengurangi stress, memperbaiki mood, menigkatkan kualitas tidur, meningkatkan kebiasaan makan sehat, mempertajam ingatan serta memberikan rasa percaya diri. Maka tak heran jika yoga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. 


Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan