Mohon tunggu...
handrini
handrini Mohon Tunggu... Lainnya - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional

world are wide, but there's only small spot to make a mistake, Be wise, get grow, so can mature at the same time. be wise it's not easy eithout make wisely as a habit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Basarnas, Menyelamatkan Nyawa dengan Mempertaruhkan Keselamatan Diri

25 Mei 2016   12:33 Diperbarui: 25 Mei 2016   12:44 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aku berhutang satu cerita.. tentang kemanusiaan dan tentang demi menolong keselamatan yang lainnya, harus rela mempertaruhkan keselamatan diri mereka sendiri #Basarnas

Itu adalah status facebook saya hari ini. Ya, saya berhutang satu cerita. Hutang pada diri saya sendiri.... Layaknya sebuah hutang lainnya, ternyata sangat sulit untuk dilunasi. Begitu banyak kisah yang ingin saya tuangkan, hingga akhirnya saya termanggu dan berusaha memilah dan memilih apa yang akan saya tuangkan dan mulai dari mana kisah ini harus diceritakan.

Masih ingat jatuhnya Merpati MA 60 yang membawa 27 orang penumpang di Teluk Kaimana, Sorong? Yup, pesawat yang dipiloti oleh Purwadi Wahyu dan co-pilot Paul Natt tersebut jatuh kurang lebih 500 meter sebelum mencapai Bandara Kaimana, Sorong, Papua Barat. Bisa dibayangkan situasi dan kondisi untuk melakukan pertolongan dan mengevakuasi crew dan penumpang yang ada? Dapatkah pula kita membayangkan seperti apakah tantangan dan berbagai masalah yang harus dihadapi anggota SAR dalam melaksanakan setiap penugasan?

Dalam kondisi cuaca hujan dan berkabut tebal, sehingga mempengaruhi jarak pandang itulah, pesawat Merpati MA 60 dikabarkan jatuh. Secara logika, dalam cuaca hujan dan berkabut tebal seperti itu, tentu orang akan menghindari untuk menerobos hujan dan mengarungi derasnya arus, namun sebaliknya Tim SAR dari Basarnas segera melakukan pencarian. “Itu adalah tugas kami. 

Setiap musibah pasti terjadi saat kondisi cuaca buruk, jika kami menunda pencarian dan pertolongan, maka kami khawatir ada nyawa yang seharusnya dapat diselamatkan jadi kehilangan kemungkinan terselamatkan. Mau tidak mau kami harus mempertaruhkan keselamatan diri demi menyelamatkan yang lain,” tutur salah seorang Instruktur Basarnas distrik 4 ditengah hempasan kencang ombak Teluk Kaimana.  

Hantaman ombak dan hempasan ombak menyapu keras wajah kami. Cuaca di tengah lautan bertambah garang. Tapi tetap Kapten Ahmad Adhy terus memacu sea rider dengan kencang. Kecepatan dalam pencarian dan pertolongan adalah salah satu faktor dari penentu keberhasilan. Hantaman ombak yang kencang, berulang kali membuat rigid miring hingga serasa siap untuk karam, namun dengan sigap Kapten Ahmad Adhy tetap mampu mengendalikan agar kembali seimbang  dengan target segera tiba ditujuan. 


Percakapan kami berkisar antara proses pencarian pertolongan dan evakuasi Merpati yang jatuh di teluk Kaimana beberapa tahun silam. Kondisi lautan tak jauh beda. Sama seperti waktu mendengar ada pesawat terjatuh, demikian pula laju sea rider membelah lautan. Hanya bedanya saat melakukan proses evakuasi, dilakukan dengan harapan ada nyawa yang dapat tertolong.

Mendapatkan kesempatan untuk mengecap “rasa latihan” yang serupa dengan latihan pembaretan jilid 2 usai latihan crosscountry bersama Kapten Ahmad Adhy dan Instruktur SAR Basarnas Kantor SAR Sorong, Marinus Benedict menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. 

Upacara Pembaretan ini merupakan suatu acara yang akan menjadi tradisi Basarnas bagi setiap personil di tiap-tiap Kantor SAR dan Pos SAR seluruh Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan rasa kebanggan jiwa Rescuer kepada personil Kantor SAR. Tak hanya kekuatan fisik, kecakapan dan kecepatan dalam mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan pencarian dan pertolongan turut diasah dalam berbagai latihan.

Cuaca yang gelap dan ombak kencang bukan satu-satunya tantangan.  Ingatan saya mendadak bergulir ke jenazah demi jenazah yang berhasil di evakuasi.  Semangat nelayan setempat yang memiliki kemampuan menyelam untuk bergabung menjadi relawan patut diapresiasi. Namun ternyata tidak cukup hanya dengan memiliki kemampuan fisik yang memadai kita dapat membantu melakukan proses pencarian dan pertolongan. Ketika (maaf) potongan jenazah diketemukan, kerap kali relawan tidak mampu untuk mengevaluasinya. Hingga akhirnya anggota basarnas waktu itu yang harus turun langsung untuk melaksanakan proses evakuasi jenazahnya.  

Pembaretan di Kantor SAR Sorong
Pembaretan di Kantor SAR Sorong
Latihan crosscountry yang dilakukan sebelum pembaretan misalnya, sangat bermanfaat untuk menepa kekuatan fisik dan mental anggota Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian dalam musibah apapun. Namun ternyata, hutan lebat dan jalur yang terjal bukan lagi menjadi halangan. Melainkan, kondisi fisik jenazah korban kerap kali menjadi tempaan mental bagi anggota Basarnas. 

Saya jadi memahami, ketika usai melihat satu demi satu foto jenazah korban Merpati dalam berbagai kondisi yang wajib didokumentasikan seluruhnya oleh anggota Basarnas, tetap saya harus mampu untuk menelan makanan yang tentunya disajikan sesuai kebutuhan. Misalnya saja saat ditengah hutan, maka alternatif terbanyak untuk menyiapkan makanan adalah dengan membakarnya, lalu sanggupkan kita menelannya setelah kita melihat beberapa (maaf) potongan jenazah yang terbakar? Sama halnya dengan para rescueritu, saya berusaha menelan potongan demi potongan makanan yang disajikan dengan dibakar meski beberapa saat sebelumnya saya menyaksikan hal yang membuat nafsu makan saya mendadak pergi entah kemana. Namun demi menjaga stamina saya harus makan.

Mendadak terbayangkan pengalaman beberapa teman rescuer lain saat melakukan proses evakuasi jenazah korban Sukhoi Superjet 100 di kawasan Gunung Salak. Mereka harus bermalam karena helikopter Super Puma yang disiapkan untuk evakuasi tidak mampu menembus tebalnya awan. Bermalam tiga kantong jenazah tentu bukan tentang hal mistis yang harus dihadapi melainkan bau amis jenazah yang harus mampu didamaikan agar kita tetap dapat terlelap dan tidur dengan kualitas yang mencukupi untuk melanjutkan proses evakuasi ke esokan harinya. Tak hanya itu, rescuer lainnya, bahkan terpaksa tidur bergelantungan di dinding jurang saat malam tiba lantaran tali untuk menuruni jurang tak cukup panjang. Karena sudah telanjur turun namun ternyata tidak cukup panjang talinya hingga akhirnya memilih tidur sambil bergelantungan di dinding jurang karena waktu makin beranjak malam.

Itu adalah kisah yang dialamai sejumlah rescuer, lantas bagaimana halnya dengan keluarga para rescuer? Sambil tertawa Marinus Benedict berkata, “saya beruntung memiliki istri yang luar biasa tangguh. Waktu banjir bandang wasior kami harus tinggal di Wasior berminggu-minggu. Memang itu adalah salah satu prasyarat tak tertulis dari istri-istri rescuer,” terang Pak Marinus. Terbayangkan bagaimana dahsyatnya banjir bandang Wasior beberapa tahun silam. Banjir bandang di Wasior, ibu kota Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Minggu (3/10) hingga Senin (4/10) pagi di tahun 2010 telah mengakibatkan lebih dari 147 orang, yang hilang 123 orang dan merendam ratusan rumah peduduk daerah itu. 

Meski dibantu sejumlah pasukan elit TNI seperti Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU Bataliyon 468 Sarotama, Kabupaten Biak Numfor, Papua yang menerjunkan 10 personelnya, namun tetap personel Basarnas harus berjibaku melakukan upaya pencarian dan pertolongan warga yang terjebak banjir lumpur yang mengenangi.  Kerap kali berbekal penciuman, personel Basarnas akhirnya berhasil menemukan jenazah diantara tumpukan kayu yang hanyut akibat banjir bandang. “Kami sangat beruntung memiliki keluarga – istri dan anak-anak yang luar biasa pengertian, “ kata Pak Marinus lagi. Dukungan keluarga akhirnya jua yang menjadikan penugasan berminggu-minggu berjibaku dengan lumpur yang berbau demi melakukan pencarian pertolongan dan mengevakuasi jenazah korban banjir bandang Wasior menjadi terasa ringan.

Menempuh perjalanan yang unforgetable dengan sea rider, mendengarkan kisah kehidupan sembari mengalami langsung situasi dan kondisi yang sedikit banyak “mirip” dengan situasi dan kondisi pada saat para rescuer itu saat melakukan upaya pencarian dan pertolongan membuat saya berjanji dalam hati untuk menuliskan kisah ini.   

Saat melakukan perjalanan kami pun dihadapkan pilihan-pilihan jalur yang kami tempuhi, pilihan pertama kondisi jalur aman namun waktu tempuh jauh lebih lama sedang pilihan kedua, jalur lebih cepat hanya perairan tidak aman. Jadilah selama ombak menghantam saya berusaha menepis kekhawatiran saya sendiri – maklum saat itu saya dalam kondisi datang bulan – hempasan ombak yang kuat bisa membuat saya terjatuh sewaktu-waktu di perairan yang dikenal sebagai surga hiu itu jelas bukan hal yang menyenangkan. Namun melogikakan pemikiran agar dapat secepat mungkin tiba di target tujuan, maka akhirnya keselamatan diri menjadi hal nomer sekian. 

Perairan Raja Ampat yang cantik namun ditengah lautan merupakan surga hiu yang ramai diburu
Perairan Raja Ampat yang cantik namun ditengah lautan merupakan surga hiu yang ramai diburu
Namun ingatan akan kesederhanaan kehidupan para rescuer di pos membuat saya miris. Kesiapsiagaan mengorbankan keselamatan diri setiap saat demi menolong yang lainnya haruskah dibarengi dengan semangat berkorban untuk hidup dalam kesederhanaan? Entahlah.. Namun tetap menyelusup kekhawatiran akan ganasnya malaria bisa jadi menjadi momok lainnya, setidaknya bagi diri saya pribadi. Mendengar kisah kakak kandung Mami yang pernah terserang Malaria di Papua membuat saya selalu ekstra hati-hati saat bertugas di Papua.

Pos SAR di Raja Ampat yang bersahaja
Pos SAR di Raja Ampat yang bersahaja
Tiba kembali di Sorong usai berakrab ria dengan hempasan ombak dan menari diantara liukan ombak sembari mendengarkan perjuangan para rescuer adalah pengalaman yang tak terlupakan. Saya sempat terkejut ketika Pak Marinus tertawa menjawab pertanyaan saya tentang situasi yang kita hadapi selama perjalanan tadi dan menyalami saya usai tiba di kapal Basarnas yang tertambat di pelabuhan. “Haha, kira-kira seperti itulah situasi dan kondisi yang kami alami sehari-hari.  Kala semua orang menghindari cuaca buruk, kita justru memacu untuk tiba sesegera mungkin guna menolong. 

Karena setiap musibah selalu terjadi dalam cuaca buruk dan jika kita menunda untuk melakukan pertolongan maka kesempatan untuk selamat makin kecil,“ terang Pak Marinus sembari menyampaikan ucapan selamat kepada saya. “Tidak semua orang bisa tahan menghadapi cuaca seperti tadi, bahkan untuk seorang rescuer pria sekalipun.  Cocok deh jadi anggota Basarnas,” kata Pak Marinus.  Ucapan pak Marinus seolah terdengar dan bergema. Jika hanya sesekali menerobos badai di tengah lautan, bisa jadi memang seru. 

Tapi menjadikan itu sebagai pilihan hidup dan harus siap untuk dijalani setiap saat rasanya benar-benar membutuhkan keikhlasan luar biasa. Mendadak batin semakin menaruh rasa hormat kepada para anggota Basarnas, relawan dan pasukan TNI dan POLRI lainnya yang dengan ikhlas hati menyelamatkan nyawa dengan mempertaruhkan keselamatan diri. Teriring doa untuk para rescuer di negeri ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun