Mohon tunggu...
Handika Kurniawan
Handika Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang ingin banyaj belajar

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Strategi media tv untuk mempertahankan eksitensinya di era industri 4.0

8 Mei 2021   14:18 Diperbarui: 8 Mei 2021   14:19 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Memasuki era disrupsi teknologi yang bergeser pada era Revolusi Industri 4.0. World Economic Forum (WEF) menyebut Revolusi Industri 4.0 adalah revolusi berbasis Cyber Physical System yang secara garis besar merupakan gabungan tiga domain yaitu digital, fisik, dan biologi. Ditandai dengan munculnya fungsi-fungsi kecerdasan buatan (artificial intelligence), mobile supercomputing, intelligent robot, self-driving cars, neuro-technological brain enhancements, era big data yang membutuhkan kemampuan cybersecurity, era pengembangan biotechnology dan genetic editing (manipulasi gen). Sehingga membuat industri pertelevisian semakin mempunya tantangan dengan Revolusi Industri 4.0 dan di era digital ketika sebagian besar persebaran informasi berlangsung di dunia maya, industri pertelevisian menghadapi persaingan dengan media-media online yang relatif lebih mudah diakses.

Hal ini menuntut stasiun televisi untuk terus menghadirkan inovasi, baik dalam program tayangan maupun dalam media penyiaran, salah satunya dengan menyediakan akses untuk menonton siaran televisi secara online. Menonton siaran televisi dengan cara streaming, menurutnya, memang menjadi pilihan bagi anak muda, khususnya mahasiswa yang sedang berada di luar rumah atau yang tidak memiliki televisi di asrama atau tempat kos. Karena itu, cara ini menjadi salah satu cara antisipasi yang telah dilakukan oleh seluruh stasiun televisi menyediakan akses untuk streaming, sehingga penonton bisa mengakses siaran melalui gadget yang yang dimiliki.

MNC media adalah industri penyiaran penyediaan konten, berupa paket informasi yang memperkaya intelektual, emosional, dan spritual konsumen.Tujuan dari produksi konten media adalah menarik perhatian konsumen untuk memaksimalkan pendapatan media.Penciptaan konten media dilakukan oleh pembuat film, penulis, jurnalis, musisi, para produser televisi dan radio.Untuk menciptakan kontent media, diperlukan faktor dan rantai nilai media yang membentuk pricing behaviour.

Strategi yang dilakukan oleh MNC Grup diperkuat dan dibenarkan dengan hukum yang dimiliki oleh MNC Group terkait dengan kerjasama, akuisisi, merger yang dilakukan. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, MNC Group banyak melakukan strategi dengan melakukan akuisisi terhadap perusahaan-perusahaan sejenis. Misalnya adalah saat MNC Group melakukan akusisi terhadap TPI (MNCTV) dan Global TV. MNC Group juga menerapkan strategi pengembangan. Contohnya adalah MNC Group melakukan akuisisi terhadap perusahaan-perusahaan yang berbeda bidang industri dengan inti bisnis MNC Group.

Legal Tactics yang dilakukan MNC terjadi karena adanya kebutuhan kerja sama yang saling menguntungkan, dimana salah satu program membutuhkan media untuk berpromosi sedangkan sebaliknya, unit bisnis pendukung membutuhkan wadah untuk menempatkan produk atau artis sebagai content dalam medianya. Kerja sama juga biasanya dilakukan dalam program off-air. Hal ini melibatkan bisnis pendukung non brodcast seperti jasa keuangan, dan properti.

Setelah memiliki kekuatan secara hukum, strategi produk merupakan upaya masing – masing stasiun TV MNC Grup untuk menghasilkan format acara yang berbeda satu dan lainnya, termasuk dengan kompetitor. Dengan kata lain strategi program adalah upaya untuk masing – masing stasiun televisi dalam mengembangkan program – programnya seoptimal mungkin. Terdapat tiga tahapan untuk melakukan strategi program, yaitu mendefinisikan khalayak potensial, menempatkan acara program di waktu yang tepat, dan menjaga loyalitas khalayak. Langkah dalam strategi selanjutnya adalah menentukan program di waktu yang tepat. Untuk pemilihan program stasiun televisi termasuk juga pemilihan talent atau penyiar yang menempati siapa yang bersiaran di program tersebut sangat perlu diperhatikan agar tidak terjadi perebutan pasar. Penentuan kesuksesan programming dalam penjadwalan dan talent dalam sebuah program televisi tidak terlepas dari sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif. Perhitungan rating dan share sebuah program, peningkatan tersebut akan berjalan lurus dengan peningkatan harga slot iklan dalam program tersebut.

Selain product strategy, ada juga marketing advertising strategy yang memegang peranan penting dalam kesuksesan sebua hgrup media. Melalui marketing advertising masing-masing stasiun TV di MNC Grup bersaing secara sehat untuk mendapatkan perhatian sebanyak-banyaknya dan saling membantu mereka dalam merebut pemasang iklan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun