Mohon tunggu...
Hanan Wiyoko
Hanan Wiyoko Mohon Tunggu... Saya menulis maka saya ada

Suka membaca dan menulis, bergiat di literasi digital dan politik, tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Empat Tip Cara Ortu Peduli Geng Sekolah Anak

29 April 2021   22:36 Diperbarui: 29 April 2021   23:09 57 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empat Tip Cara Ortu Peduli Geng Sekolah Anak
kompas.com

Orangtua perlu kenal dengan siapa saja anaknya berteman akrab di geng sekolahnya. Kenapa? Agar si buah hati tidak salah pergaulan dan ortu bisa mengarahkan aktivitas anak.

KARAKTER anak terbangun dari pola pengasuhan ortu di rumah dan pengaruh lingkungan. Salah satunya adalah lingkungan pergaulan teman sebaya. Anak bisa bergaul di sekolah maupun di lingkungan rumah tinggal. Jadi, pergaulan sebaya turut mempengaruhi pembentukan karakter anak.

Salah satu komunitas pergaulan anak sebaya di sekolah adalah terwadah dalam geng sekolah. Istilah 'geng' merujuk pada perkumpulan informal beberapa orang anak yang memiliki kesamaan. Misalnya kesamaan hobi dan minat, kesamaan kelas atau asal daerah sekolah, atau ikatan lain yang dianggap bisa menyatukan beberapa orang dalam sebuah komunitas. 

Orangtua memiliki peran dalam aktivitas pergaulan anak. Salah satunya adalah dengan 'care' atau peduli dengan siapa anaknya bergaul. Ikatan pertemanan biasanya bersifat solid atau kompak. Sehingga kalau salah anak memilih teman bermain dalam komunitas geng, akan turut mempengaruhi karakter anak. Di sinilah, peran orangtua penting untuk terlibat dalam mengawasi pergaulan anak.

Bagaimana tips sebagai orangtua mengawasi pergaulan anak dalam komunitas geng sekolah? Berikut kiat-kiat dari penulis yang disarikan dari pengalaman dan pengamatan sehari-hari.

1. Amati kebiasaan anak dalam memilih teman

Si buah hati biasanya memiliki kecenderungan memilih teman yang memiliki 'frekusensi' sama. Misalnya sama-sama hobi olahraga, pecinta musik, berpetualang, maupun sekedar teman kongkow. Usahakan orangtua mengetahui kebiasaan anak, sehingga mudah diarahkan untuk memilih teman yang sesuai.

2. Persilakan anak membawa geng sekolah untuk bertandang ke rumah

Beri kesempatan kepada anak untuk mengajak teman-teman sekolah main ke rumah. Dengan cara ini, orangtua bisa diam-diam melakukan observasi terhadap perilaku bermain dan berinteraksi anak dengan teman sebaya.

3. Kenali teman-teman geng sekolah anak

Tidak kalah penting adalah mengetahui dengan siapa anak Anda berteman akrab. Usahakan sebagai orangtua mengetahui nama dan alamat teman anggota geng sekolah. Cara ini akan menumbuhkan sikap peduli orangtua dengan teman main si anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN