Mohon tunggu...
Hanan Wiyoko
Hanan Wiyoko Mohon Tunggu... Saya menulis maka saya ada

Suka membaca dan menulis, bergiat di literasi digital dan politik, tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Setahun Sekolah Online, Kontrol Pemakaian Gadget Anak

15 Maret 2021   20:23 Diperbarui: 16 Maret 2021   12:02 128 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setahun Sekolah Online, Kontrol Pemakaian Gadget Anak
Anak belajar daring saat pandemi. Dokpri

Kapan anak boleh memegang gadgetnya sendiri? Kominfo RI menyarankan di usia 13 tahun. Namun karena pandemi Covid-19, mau tidak mau anak menjadi dekat dengan gadget. Orangtua perlu mengendalikan pemakaian gadget bagi anak. Supaya tidak kecanduan.

Bagaimana cara mengaturnya?

Untuk mengetahui kesadaran masyarakat terhadap pengaturan gadget bagi anak di masa pandemi, saya melakukan sampling sederhana. 

Saya mewawancarai 10 orang perempuan di Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah. Wawancara dilakukan periode Agustus-September 2020. Desa ini dipilih karena memiliki pemanfaatan internet yang baik bagi masyarakat desa.

Setiap orang saya beri pertanyaan yang sama. Yakni bagaimana cara Anda mengatur pemakaian gadget bagi anak di rumah saat pembelajaran jarak jauh (PJJ)? Jawabannya beragam.

Dari 10 orang responden, diketahui ada lima orang yang memberlakukan pengaturan gadget bagi anak. Sedangkan lima orang lainnya mengaku tidak membuat aturan di rumah, alias bebas saja.

Saya berpandangan, pengaturan pemakaian gadget diperlukan. Beberapa hal yang diatur adalah lamanya memakai gadget, jenis aplikasi yang diakses anak, dan tempat mengakses gadget. Bisa juga ditambah dengan penegasan supaya anak membagikan kode atau pin akses gadgetnya.

Dari 5 perempuan yang saya temui, masing-masing memiliki caranya sendiri melakukan pembatasan. Kelimanya saya tulis di bawah ini :

1. Melarang anak menggunakan gadget selepas solat mahrib hingga pagi hari.

2. Menasihati agar tidak terlalu lama menggunakan gadget dan memastikan mengakses gadget untuk tujuan pembelajaran.

3. Dilarang meminjam gadget orangtua sebelum semua tugas sekolah harian selesai dikerjakan. Bila bermain game online pada gadget dibatasi jam bermainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN