Mohon tunggu...
Hana Mutiara
Hana Mutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Just wanna try to write

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Penggunaan Poster Digital Sebagai Media Edukasi dalam Menghadapi Pembelajaran Daring

23 Juli 2021   23:59 Diperbarui: 24 Juli 2021   17:43 155 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Penggunaan Poster Digital Sebagai Media Edukasi dalam Menghadapi Pembelajaran Daring
poster-60fbeeb0152510129559f9c2.jpeg

Semenjak pandemi Covid-19 mulai mewabah di Indonesia, pemerintah memberlakukan masa darurat Covid-19 pada pertengahan Maret 2020. Hal ini menyebabkan timbulnya kebijakan baru dalam sektor Pendidikan, yaitu diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang hampir diterapkan di seluruh sekolah dengan berbagai jenjang Pendidikan guna mencegah penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Dengan diterapkannya kebijakan ini, guru atau tenaga pengajar serta siswa diharuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media pembelajaran jarak jauh. Ketika belajar tatap muka di sekolah, seorang guru atau tenaga pendidik dapat menyampaikan materi secara langsung dan detail serta dapat memantau langsung pemahaman siswa atas materi yang disampaikan. Namun pada saat pembelajaran daring seperti ini, guru kesulitan untuk memberikan materi secara maksimal dan memantau proses perkembangan siswa karena keterbatasan interaksi secara daring. Hal ini membuat siswa sulit untuk memahami materi yang diberikan oleh guru sehingga cenderung membuat semangat siswa menjadi menurun saat pembelajaran daring. Selain itu, siswa yang tadinya dapat bertemu dengan teman-temannya hampir setiap hari saat pembelajaran tatap muka, pada saat pembelajaran daring mereka hanya belajar di rumah sendirian tanpa berinteraksi dengan teman-temannya secara langsung sehingga menimbulkan rasa jenuh dan stress pada siswa.

Menanggapi feomena ini, Mahasiswa UPI yang sedang menjalani kegiatan KKN Tematik di salah satu sekolah yang bertempat di Kabupaten Tasikmalaya berinisiatif untuk mengedukasi siswa agar tetap bisa menghadapi pembelajaran daring melalui media poster digital. Poster digital ini dibuat agar siswa mendapatkan berbagai tips tentang bagaimana cara menghadapi pembelajaran daring dengan terhindar dari hal-hal yang bisa mengakibatkan semangat belajar mereka menurun. Berbagai judul poster digital yang dibagikan kepada siswa diantaranya yaitu Tips belajar di rumah saat pandemi, tips menjaga kesehatan mental saat pandemi, 4 platform yang dapat digunakan siswa untuk belajar di rumah, tips agar tidak jenuh saat pembelajaran daring, dan tips manajamen waktu saat pembelajaran daring. Poster-poster digital ini diunggah melalui platform Instagram sebagai pengarsipan dan kemudian dibagikan kepada siswa melalui grup Whatsapp.

Dengan dibagikannya poster-poster digital ini diharapkan agar siswa dapat terbantu dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 sehingga tetap bisa menjalani kegiatan pembelajaran dengan maksimal walaupun dilakukan secara daring.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN