Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Spirit Beribadah dan Saling Berbagi Menjadi Khas Bulan Ramadan yang Selalu Kita Rindukan

16 April 2021   23:35 Diperbarui: 16 April 2021   23:40 416 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Spirit Beribadah dan Saling Berbagi Menjadi Khas Bulan Ramadan yang Selalu Kita Rindukan
https://wallpaperaccess.com/ramadan-kareem

Bulan ramadan selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, termasuk juga kita umat muslim di Indonesia. Segala bentuk ritual dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci ini. Layaknya kita menyambut seorang tamu agung, beragam aktivitas dan persiapan pun dilakukan jauh - jauh hari sebelumnya. Berbagai macam kegiatan yang hanya dilakukan menjelang dan saat bulan ramadan menjadi sesuatu yang kemudian kita rindukan. Di daerahku, kota Solo ada beberapa aktivitas yang dilakukan masyarakat dalam menyambut ramadan. Sebagai contoh, kegiatan padusan dimana masyarakat akan membersihkan diri dengan cara mandi di kolam sehari sebelum puasa, gotong royong membersihkan masjid, menyusun jadwal pengajian sekaligus buka bersama dan lain sebagainya. 

Selain itu, munculnya aneka macam makanan dan minuman juga ikut memeriahkan bulan ramadan. Tidak jarang kita merindukan cita rasa dari makanan dan minuman itu. Secara umum ciri khas bulan puasa adalah kurma, kolak pisang, es buah dan bermacam - macam menu makanan takjil yang selalu kita cari menjelang buka puasa. Ada juga berbagai macam kue nastar dan sirup yang siap dikemas dan dikirim sebagai THR atau hampers untuk saudara atau teman - teman. 

Satu aktivitas yang menjadi khas ramadan dan pasti kita rindukan adalah  buka puasa bersama. Hanya di momen puasa inilah kita bisa reuni berkedok bulan puasa. Menjalin silaturahmi dengan teman - teman lama. Mulai dari teman sekolah, teman se-geng hingga teman kerja. Saking banyaknya yang mengajak buka puasa, seringkali kita pusing mementukan jadwal yang pas. Iyakan? 

Namun, apakah kerinduan kita pada bulan ramadan hanya sebatas ritual penyambutan, makanan, minuman, dan agenda buka puasa saja?  

Menurutku sangat disayangkan jika kita merindukan bulan ramadan hanya untuk itu. Seringkali kita terlena dengan perayaan bulan ramadan hingga lupa esensi dari bulan puasa. Bukankah bulan ramadan memiliki keistimewaan di dalamnya? 

1. Bulan penuh ampunan

"Siapapun yang menjalankan puasa selama ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah SWT, maka semua dosanya dimasa lalu akan diampuni" (HR. Bukhari Muslim) 

2. Bulan penuh pintu kebaikan

"Apabila Ramadan datang maka pintu-pintu lagit dibuka, pintu - pintu neraka ditutup dan setan - setan dibelenggu" (HR. Bukhari Muslim)

3. Bulan terbaik untuk bersedekah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN