Mohon tunggu...
Hafidzoh nabilah
Hafidzoh nabilah Mohon Tunggu... Mahasiswi

P.IPS UIN Maliki

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Julukan Gresik Kota Santri

24 September 2019   22:43 Diperbarui: 24 September 2019   23:00 503 13 2 Mohon Tunggu...

Gresik kota santri, merupakan sebutan populer kota Gresik yang terkenal dengan kota yang religius. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya dua makam Walisongo yaitu Sunan Giri dan syekh Maulana Malik Ibrahim.\

Selain kedua makam wali yang mungkin lebih populer didengar masyarakat terdapat banyak makam -- makam wali lainnya yang tidak kalah hebat Karomah nya. Terdapat makam syeikh maulana ishaq yang merupakan ayah kandung dari Sunan Giri (raden paku), makam Syeikh Maulana Makhrubi, Makam Habib Alwi bin Muhammad Hasyim Assegaf, makam sayyid ali murtadlo (raden santri), makam Nyai Ageng Pinatih yang merupakan ibu angkat dari sunan giri, makam dewi sekardadu, makm putri cempo,makan sunan dalem, makam mbah Sindujoyo, makam siti Fatimah binti maimun, makam mbah buyut biting, dan lainnya masih banyak lagi.

Dari makam -- makam tersebut dapat disimpulkan bahwa penyebaran islam diGresik sangat mumpuni. Mayoritas agama di Gresik merupakan agama islam. Dari banyaknya pesantren, maupun taman pendidikan al Quran di Gresik menjadikan Gresik menjadi kota yang religius.

Terdapat salah satu budaya religius digresik yang sudah sejak lama di ikuti masyarakat sekitarnya yaitu pendidikan alquran yang harus dan menjadi kewajiban yang sangat bagi ank yang baru lahir untuk Mempelajarinya.

Pada salah satu taman pendidikan alquran di masjid jami gresik sampai kewalahan menerima pendaftaran murid karena saking banyaknya murid yang didaftarkan orangtuanya. Bahkan ada anak yang baru saja lahir langsung didaftarkan di taman pendidikan alquran tepatnya di masjid Jami.

Pertanyaan orang sekitar ketika berkunjung ke tetangga atau keluarganya yang baru melahirkan adalah "sudah daftar ngaji dimana?". Hal tersebut membuktikan bahwa kota gresik adalah kota yang religius.selain itu semua sebenarnya banyak budaya -- budaya yang masih sangat lestari dikota gresik yaitu diba'an keliling, tahlilan, syukuran bersama, dan kegiatan -- kegiatan lainnya.

Julukan gresik kota santri telah ada sejak lama. Hingga julukan ini dijadikan lagu religi dan menyebar dengan luas setelah banyak yang mencoba mencover lagu tersebut. Menjadi masyarakat gresik merupakan kebanggaan tersendiri apalagi dengan adanya julukan gresik kota santri.

Julukan tersebut menambah semangat sebagai masyarakat gresik untuk selalu mengamalkan kebaikan untuk sesama meskipun berbeda dari sisi agama maupun ras, akan tetapi toleransi adalah yang terpenting dari semua itu. Bahwa julukan gresik kota santri bukan hanya dilihat dari bagaimana masayarakat disana beribadah akan tetapi juga tingkah laku terhadap sesama.

VIDEO PILIHAN