Mohon tunggu...
Hamzun
Hamzun Mohon Tunggu... Penulis - Memuat Seputar Karya Tulisan, Catatan Harian, Media Berita dan Informasi

📝Literature Enthusiasts 🖌Kaligrafi 📝Kreator Media 🖌Jurnalisme YouTube, click link below ⤵️ youtu.be/hNI4KXdnNFM

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Unik, Obat Keluarga dari Kebun Sendiri

21 Mei 2022   13:42 Diperbarui: 21 Mei 2022   13:53 71 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sudah menjadi kebiasaan, pada umumnya kebanyakan orang ketika sakit tentu harus berobat ke dokter atau membeli obat-obat kimia, namun berbeda dengan keluarga, dimulai dari leluhur atau nenek moyang yaitu menggunakan pengobatan tradisional, bukan hanya tradisional tapi menjadi hal yang unik juga yaitu menggunakan ritual-ritual sederhana. 

tentu saja sebuah Do'a husus menjadi penguat dari pengobatan tersebut, selain itu biasanya obat yang digunakan juga langsung diambil dari kebun pribadi, dan menggunakan tumbuhan-tumbuhan herbal.

Kakek turunan memang lahir dari turunan Baduy, salah satu daerah pedalaman yang ada di tanah Banten. salah satu Provinsi pemekaran dari Jawa Barat.

Orang-orang Baduy pada umumnya lebih mengandalkan pengobatan secara tradisional dari pada harus datang ke puskesmas atau rumah sakit, atau hanya sekedar datang dan berobat ke Mantri (Dokter yang buka praktek pribadi).

Hal-hal yang unik biasanya di lakukan ketika melakukan pengobatan, biasanya kakek kegiatannya pergi kerja berladang dan nyawah, dan hari-harinya dihabiskan di kebun. 

nah orang-orang yang mau berobat atau keluarga yang sakit mau berobat datang ke saungnya (Gubug yang di buat di kebun), minta syariat buat di obatin di sana. 

kegiatan yang dilakukan ketika datang biasanya langsung di tanya sakitnya apa setelah itu langsung di ambilkan tanaman herbal yang bisa di gunakan untuk obat orang yang sakit atau yang berobat tersebut. 

Ada beberapa jenis obat herbal yang di gunakan, seperti lengkuas, kunyit, jahe, daun saga, laja goa, tamu lawak, kayu manis, cikur, dll. Tumbuhan herbal ini yang biasanya di gunakan dan di konsumsi oleh orang yang sakit tersebut.

Untuk cara pengolahan dan konsumsinya juga sangat beragam, ada yang direbus dulu baru di konsumsi, 

ada yang cuma airnya saja ada juga yang cuma di tumbuk dan di tempelkan ke tempat atau area yang sakit, semua itu memanfaatkan kasiat dari tumbuhan herbal yang digunakan, banyak sekali cara yang biasanya dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita tersebut.

Dari sini kita dapat belajar bahwa selain dengan cara dan konsumsi obat kimia, ada juga obat herbal yang bisa di gunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang biasa diderita kebiasaan orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan