Mohon tunggu...
Hamzah Nazarudin
Hamzah Nazarudin Mohon Tunggu... Dosen - DOSEN/POLITEKNIK NEGERI KUPANG

LECTURE, MEMBACA,MENULIS, EKONOMI, BISNIS, MARKETING, PENDIDIKAN, LITERASI, POLITIK

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Menanti Pemilu 2024, Seberapa Penting Personal Branding Bagi Para Caleg

13 November 2023   13:58 Diperbarui: 13 November 2023   14:10 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Konstelasi politik semakin tingg menjelang pemilu 2024, Ruang debat para politisi, para caleg dan seluruh masayarakat Indonesia semakin memanas di berbagai media terutama media online. 

Berbagai Statement politik berupa kampanye politik dari para politisi, para caleg, tim sukses maupun simpatisan terkadang mengedukasi pemilih dengan menawarkan, visi, misi dan program kerja  namun tidak sedikit statetement politik yang mendiskreditkan, memfitnah para figure dan caleg yang menimbulkan black camping.   

Sebagai akademisi yang menerawang dan menganalisis  setiap fenomena dan persoalan sosial termasuk persoalan politik, selalu menggunakan perspektif teoritis dan menjunjung tinggi nilai obyektifitas karena kebebasan berpikir pada ruang akademisi.

Menurut saya durasi waktu pemilu hanya beberapa bulan lagi, hal penting yang menjadi fokus perhatian para caleg adalah  bagaimana membangun personal branding (kepribadian merek) untuk mendekatkan diri (figur) caleg ke lubuk hati pemilih. 

Personal branding merupakan proses pembentukan citra diri di mata orang lain terhadap aspek - aspek yang dimiliki seseorang. Promosi diri ini meliputi kepribadian, pencapaian yang telah di raih,  prestasi dan nilai - nilai lain yang di miliki oleh seseorang. 

Personal branding dapat terlihat dari cara berpakaian, cara berbicara dan menyampaikan pesan secara lisan maupun tulisan di media online dan off line termasuk semua kepribadian yang melekat pada seorang caleg dan di lakukan secara konsisten serta  di sadari orang lain, maka dapat membangun personal branding seseorang tanpa di sadari orang tersebut. 

Namun personal branding bisa di bangun dengan sengaja artinya seorang caleg dapat mendesain bagaimana perspektif pemilih terhadap figur seorang caleg. Citra diri yang positif, profesional dan baik sangat di perlukan untuk menunjukan kredibilitas seorang caleg.

Menurut Gill Corkindale, yang menulis artikel di Harvard business Review menyatakan bahwa ada 4 hal penting dalam personal branding yaitu:

1. Menarik untuk orang - orang di sekitarnya

2. Otentik (Asli, tidak duplikasi orang lain)

3. konsisten

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun