Mohon tunggu...
Hamim Thohari Majdi
Hamim Thohari Majdi Mohon Tunggu... Lainnya - Penghulu, Direktur GATRA Lumajang dan Desainer pendidikan

S-1 Filsafat UINSA Surabaya. S-2 Psikologi Untag Surabaya. penulis delapan (8) buku Solo dan sepuluh (10) buku antologi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengobatan Alternatif Antara Wibawa dan Biaya

9 April 2023   13:06 Diperbarui: 9 April 2023   13:15 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengobatan alternatif atau medis adalah ikhtiar biarlah menemukan jalannya (Hamim Thohari Majdi)

Kata alternatif menunjukkan pilihan, bukan utama. seperti jalur alternatif, merupakan jalur pilihan (tidak umum) dari jalur biasanya, jalur alternatif disediakan karena jalan utama mengalami gangguan, misal kemacetan karena padatnya kendaraan atau pengguna jalan melebihi kapasitas jalan, adanya pohon tumbang, kendaraan yang mengalami masalah sehingga menghalangi laju kendaraan atau sedang dilakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan. Maka alternatif adalah pilihan atau jalur lain untuk melanjutkan perjalanan, hingga akhirnya sampai pada tujuan perjalanan.

KEWIBAWAAN PARANORMAL

Begitu halnya dengan pengobatan alternatif, pada masyarakat tertentu pengobatan atau layanan kesehatan alternatif menjadi utama, karena sudah diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi hingga sekarang. Sehingga terbangun dalam benak mereka juru obat adalah paranormal (dukun), jadi mereka (paranormal) menjadi solusi kesehatan bagi yang meyakininya.

Misal anak-anak yang mengalami deman pada titik merah, dengan indikasi ngomel-ngomel atau mengerang kesakitan tanpa sebab, orang tua mereka membawa ke mbah dukun untuk dimintakan minuman yang sudah diberi jampa jampi. Atau ada anggota keluarga yang sulit tidur, juga dimintakan air "ajaib" dari mbah dukun. Sebagaimana Ida Dayak menggunakan minyak bintang untuk kesembuhan.

Di kalangan masyarakat agamis, penyelesaian masalah kesehatan solusinya adalah sang kiai, mereka meminta syafaat dan karomah doanya yang sudah dicampurkan dalam minuman.

Kewibawaan yang sudah terbangun baik mbah dukun maupun kiai, merupakan prinsip dasar sebagai upaya kelancaran penyembuhan, sugesti inilah yang kemudian membuat mereka yang berobat mengalami kesembuhan. Sebab akibat, yakni usaha ke paranormal lalu mengalami kesembuhan, kemudian dipercayai dan ditularkan ke anak turunnya.

PERHITUNGAN BIAYA

Ke mbah dukun atau ke kiai, tidak ada tarif yang ditetapkan. Bahkan beberapa paranormal tidak menerima imbalan, bahkan memberi uang bagi anak-anak kecil, agar anak-anak gembira kemudian imunitasnya berangsur meningkat.

Pengobatan medis sebagian besar (hampir keseluruhan) sudah menetapkan tarip, bahkan para spesialis tarif periksa dan obat dipisah, membuat masyarakat tertentu silau dengan papan yang digantung bertuliskan "praktek".

Meski ada program BPJS, masih ada sebagian masyarakat yang enggan karena "beda standar layanan". Mengingatkan sebuah buku yang berjudul "orang miskin dilarang sakit" karya Eko Prasetyo, sebagai gambaran betapa mahalnya biaya untuk sehat, maka hanya yang berduit bisa menikmati kemudahan layanan di rumah sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun