Mohon tunggu...
Hamim Thohari Majdi
Hamim Thohari Majdi Mohon Tunggu... Lainnya - Penghulu, Direktur GATRA Lumajang dan Desainer pendidikan

S-1 Filsafat UINSA Surabaya. S-2 Psikologi Untag Surabaya. penulis delapan (8) buku Solo dan sepuluh (10) buku antologi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Seragam Baju Adat Memang Unik

20 Oktober 2022   20:11 Diperbarui: 20 Oktober 2022   21:17 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kejuaraan Lomba berbaju adat KUA Kec. Jatiroto Kab. Lumajang (sumber gambar : Hamim Thohari Majdi)

Baju adat memiliki keistimewaan yang tidak sekadar motif ataupun pilihan warna..Ada latar yang menyertai dalam proses berkreasi, mengandung muatan lokal dan budaya yang telah menguat.

Seragam yang telah lazim bagi sekolah dasar dan sekolah lanjutan  memiliki warna kaku, walau terkandung makna fosofis kesetaraan dan non diakriminasi, ada satu warna nersama.

Seragam baju adat menunjukkan identitas yang jelas, walau ada kesamaan motof, bisa terjadi ada beda pada bahan  pewarna.

Anak-anak pada jenjang pra sekolah tampak dewasa sekaligus menggemaskan, seragam baju adat menjadikan mereka berbeda dan berkesan, jadilah mereka bak pragawati atau pegiat kesenian.

Memang ada penampilan yang neaa ketika seseorang yang biasa berpakain seragam secara umum atau resmi lalu mengenakan seragam baju adat tampak suasana sangat bebasa dan leluasa walau ada juga justru lebih formal.

Rindu seragam baju adat kadang dikenakan.oleh orang lain (selain dari adat aslinya), untuk melestarikan dan menumbuhkan kebanggaan.

Seperti yang pernah dilakukan.oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Jatiroto Kabupatrn Lumajang, mewajibkan para anggotanya mengenakan seragam baju adat. Mereka tampak gembira dan menemukan panggung.

Sebab tatkala harus mengenakan baju adat, maka harus berdandan lebih rapi. Namanya ibu-ibu untuk berdandan cantik dan fashionabel seperti  ikan menemukan air, langsung gas...

Karenanya sangat sepakat untuk dijadikan seragam baju adat dikenakan di lembaga pendidikan juga perkantoran pada waktu-eakti tertentu.

Di samping sebagai simbul pengenalan dan pelestarian ada pengenang kisah perjuangan dan perjalanan perkembangan kebudayaan bagi suatu suku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun