Mohon tunggu...
Hakim Hanafi
Hakim Hanafi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Airlangga

saya suka menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kenyamanan Saat Tidur

2 Juli 2022   20:46 Diperbarui: 2 Juli 2022   20:48 27 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama saya Hakim dan salah satu hobi saya adalah tidur. Jika saya tidak cukup tidur, saya akan merasa sangat lelah dan kemudian saya tidak bisa fokus di kelas. Tapi, saya punya cara sendiri untuk bisa tidur nyenyak. Salah satu langkah untuk mendapatkan tidur yang baik adalah dengan meningkatkan kebersihan tidur. Langkah-langkah ini mudah diikuti oleh semua orang. Ada 5 langkah yang harus diikuti untuk meningkatkan kebersihan tidur.


Langkah pertama untuk mulai meningkatkan kebersihan tidur adalah dengan berolahraga yang cukup. Latihan aerobik secara teratur dalam jangka waktu yang lama telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kantuk di siang hari yang berlebihan pada orang yang menderita insomnia. Aktivitas aerobik intensitas sedang juga telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi keparahan kondisi gangguan pernapasan saat tidur seperti apnea tidur obstruktif.


Langkah selanjutnya adalah membuat kamar tidur Anda nyaman untuk Anda tiduri. Belilah tempat tidur dan tempat tidur berkualitas, dan atur termostat atau AC ke suhu yang sejuk. Kamar tidur Anda harus menjadi tempat perlindungan Anda. Tidur pada suhu dingin (sekitar 65 derajat Fahrenheit atau 18 derajat Celcius). menghalangi cahaya dengan tirai tebal atau penutup mata, dan meredam kebisingan dengan penyumbat telinga atau mesin white noise. Anda juga harus menjaga kamar tidur Anda bersih dan rapi. Anda juga bisa menggunakan lilin yang menenangkan atau wewangian aromaterapi seperti lavender atau chamomile.


Langkah ketiga adalah mengurangi konsumsi alkohol. Menurut review baru dari 27 studi, alkohol tidak meningkatkan kualitas tidur. Menurut temuan, alkohol memungkinkan orang sehat untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih dalam untuk waktu yang singkat, tetapi mengurangi gerakan mata cepat (REM) tidur. Dan semakin banyak Anda minum sebelum tidur, semakin kuat efeknya. REM
tidur terjadi kira-kira 90 menit setelah kita tertidur. Ini adalah tahap tidur di mana orang bermimpi, dan dianggap restoratif. Gangguan pada tidur REM dapat menyebabkan kantuk di siang hari, konsentrasi yang buruk, dan kurang tidur.


Dan langkah terakhir adalah menghindari lampu biru 30 menit sebelum tidur. Masalah tidur dapat diperburuk oleh penggunaan pencahayaan buatan dan elektronik di malam hari. Komputer, smartphone, tablet, dan televisi memancarkan cahaya dengan panjang gelombang biru, yang dapat menipu otak Anda untuk berpikir bahwa ini adalah siang hari. Akibatnya, ritme sirkadian Anda mungkin terganggu. Menurut banyak penelitian, cahaya biru di malam hari mengganggu siklus tidur-bangun alami otak Anda, yang sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Mendapatkan cahaya biru di siang hari, terutama dari matahari, dapat membantu Anda tetap waspada, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan mood dan kinerja Anda.


Tidur sangat penting untuk mengisi ulang energi kita untuk aktivitas sehari-hari. Dengan kebersihan tidur, kita bisa mendapatkan tidur yang nyenyak. Bangun dari tidur nyenyak adalah cara yang bagus untuk memulai aktivitas kita sehari-hari. Mulailah dengan Anda dan keluarga untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan