Mohon tunggu...
Hafid Dwi
Hafid Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Voluntering

volunter

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mambangun Pemimpin Masa Depan Melalui Leadership Anak Panti KH Mas Mansyur Kota Malang

3 Desember 2021   11:46 Diperbarui: 3 Desember 2021   12:04 68 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

leadership atau yang sering kita dengar kepemimpinan tentu tidak asing di telinga kita.Pemimpin adalah seni dalam mempengeruhi dan mengarahkan seseorang dengan cara kepatuhan, kepercayaan, hormat dan kerjasama. Bangsa Indonesia haus pemimpin yang dapat menjadi nahkoda dalam jalannya kemajuan bangsa.

Melalui Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 16 Kelompok 21 Universitas Muhammadiyah Malang menjawab akan kebutuhan pemimpin masa depan. Melalui edukasi dan pengembangan softskill untuk membangun jiwa kepemimpinan generasi muda di Panti Asuhan KH. Mas Mansyur Kota Malang.

Hafid Dwi Permana sebagai pemateri kepemimpinan menggunakan media pesawat kertas sebagai sarana dalam penyampaian materi kepemimpinan. Pesawat kertas tersebut sebagai cara untuk mengajarkan dalam berpikir  out of the box. Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara menjadi pedoman dalam pembentukan kepemimpinan anak panti KH. Mas Mansyur Kota Malang.

"Ing Ngarsa Sung Tulado"

Pemimpin berada di depan memberi contoh terhadap pengikutnya

"Ing Madya Mbangun Karso"

Pemimpin berada di tengah memberi semangat pengikutnya

"Tut Wuri Handayani"

Pemimpin berada di belakang memeri dorongan pengikutnya

Anak Panti KH. Mas Manyur cukup memahami hakekat dalam sebuak jiwa kepemimpinan. Kepemimpinan atau siapa pemimpin tersebut ? tentunya pemimpin adalah mereka yang dapat di pimpin dan di pimpin. 

Dengan bekal jiwa kepemimpinan yang di terapkan dalam program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa gelombang 16 kelompok 21 diharapkan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari anak panti dan berguna dimasa mendatang sebagai pemimpin bangsa di masa mendatang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan