Mohon tunggu...
Haendy B
Haendy B Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger, Football Anthutsias

mengamati dan menulis walau bukan seorang yang "ahli" | Footballism

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Yamaha Mio S, Inspirasi Sejati dalam Berkendara

26 Desember 2017   23:32 Diperbarui: 27 Desember 2017   00:04 2310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Isyana brand amsador yamaha mio s(yamahamotor.co.id)

Awal kemunculan sempat ada yang meragukan, konsep berkendara yang tak biasa, Yamaha Mio minus kopling hal ini dimata masyarakat pun menjadi tak biasa serta tak maskulin. 

Hal ini membuat Yamaha Mio hanya dipergunakan oleh kalangan feminim dan melahirkan sekat bahwa Motor Matik hanya untuk wanita namun lambat laun seiring waktu motor matik pun menunjukkan bagaimana cara mengambil alih perhatian pengguna motor di negeri ini baik laki-laki dan perempuan. Motor matik pun kini memimpin pasar penjualan sepeda motor di Indonesia dan Yamah Mio pun menjadi pilihan untuk dibeli oleh masyarakat luas.

Yamaha Mio lahir disaat motor jenis bebek tak dapat dilupakan dan diganti. Tahun 2003 Yamaha Mio resmi mengaspal dan menunjukkan kelebihan lainnya seperti minus kopling baik manual atau pun semi otomatis seperti motor bebek pada umumnya sertaruang pijakan kaki yang lebih lega sehingga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. 

Perkembangan terhadap Yamaha Mio pun mulai terlihat saat tahun 2012 dengan  diluncurkannya Yamaha Mio Fino, Mio J, dan Mio GT ditahun-tahun berikutnya. Dan kini, telah muncul varian baru dari Yamaha Mio S yaitu yang bertransmisi V belt automaticdengan tipe kopling dry centrifugal automatic. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun menghadirkan beberapa varian warna seperti Special Green, Spirit Red, Strong Black dan Smart White.

Fitur Yamaha Mio S Irit

Jika menilik Mio S maka tampilan serta jeroannya dapat dikupas satu-satu. Pertama teknologi terbaru Yamaha yaitu Blue Core yang mampu membuat proses pembakaran efisiensi hingga proses pembakaran bahan bakar hanya terpakai hingga 50% dari kondisi motor normal lainnya. Hal ini membuat motor mampu bertenaga dan handal di jalanan serta membuat mesin lebih awet dan ramah lingkungan.

Untuk dapur pacu, Yamaha Mio S mengusung mesin 4 tak bersilinder tunggal dengan kapasitas mesin 125 cc seain itu teknologi SOHC (Single Over Head Camshaft) yang memiliki kompresi mesin 95:1 mampu membuat Yamaha Mio S mengeluarkan tenaga 7 kW dengan putaran mesin 8000 rpm. 

Teknologi Injection masih mengakar di sistem pembakaran. Untuk piston atau Forged Piston berbahan baku aluminium yang mampu tahan dalam proses pembakaran. Piston ini dibuat dengan teknologi terbaru dibanding dengan piston biasa yang ada pada umumnya. Ada lagi Diacyl Cylinder yang merupakan materi logam yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Dengan cara ini pejalanan jauh pun akan mengkonsumsi bahan bakar yang irit.

Fitur Keselamatan

Untuk lampu kendaraan, terbuat dari Light Emitting Diode yang telah diberi lubang mikroskopis sehingga pencahayaan dapat lebih terang mengalahkan lampu kendaraan biasa. Perpaduan tampilan dan cahaya dari lampu LED mampu membuat pengendara nyaman dan aman berkendara di malam hari. 

Ditambah fitur baru pada Mio S yaitu fitur lampu hazard. Sebuah lampu yang mampu memberi tanda untuk memberitahukan keadaan kepada pengendara lain ketika sedang ada keadaan yang darurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun