Mohon tunggu...
Hadi Suwarno
Hadi Suwarno Mohon Tunggu... Penulis - Pendidik

Pembelajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengapa Perlu Pembelajaran Inkuiri

7 Februari 2022   18:54 Diperbarui: 9 Februari 2022   10:55 148 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran berbasis inkuiri mewujudkan keterlibatan siswa yang mengarah pada pemahaman. Siswa dituntut untuk aktif dalam belajar melalui pengembangan keterampilan dan sikap yang memungkinkan mereka untuk mencari penyelesaian atas pertanyaan, sambil membangun pengetahuan baru.

Esensi Inkuiri

Dalam proses belajar siswa mendapatkan kesempatan untuk mencari, menemukan, memproses dan menciptakan hasil belajar.
Dengan pengajaran inkuiri, guru berperan sebagai penyedia fasilitas pembelajaran siswa, bukan sebagai pemberi informasi.

Tujuan Inkuiri

Tujuan dari inkuiri adalah agar siswa terlibat dan mengajukan pertanyaan yang menarik minat mereka untuk memancing eksplorasi ide-ide nyata.
Siswa didorong untuk melakukan pekerjaan yang kaya dan menarik yang menginspirasi, mengembangkan wawasan, dan memperkuat imajinasi. Karena keterampilan inilah yang akan berguna untuk kehidupannya.

facebook.com/guru inspiratif
facebook.com/guru inspiratif

Tingkat Inkuiri

Mengajukan pertanyaan merupakan hal mendasar dalam kegiatan inkuiri. Ada empat tingkat pertanyaan berdasarkan jumlah informasi dan bimbingan yang diberikan guru kepada siswa. Tingkatannya berdasarkan ruang lingkup dan tingkat kemandirian siswa. Level 1 menunjukkan masih perlunya bimbingan guru. Sedangkan level 4 menunjukkan kemandirian siswa.

Adapun empat tingkatan inkuiri adalah sebagai berikut:

1. Pertanyaan Terbatas / Konfirmasi - Siswa mengkonfirmasi suatu prinsip melalui suatu kegiatan ketika hasilnya diketahui sebelumnya.

2. Pertanyaan Terstruktur - Siswa menyelidiki pertanyaan yang disajikan guru melalui prosedur yang ditentukan.

3. Pertanyaan Terpandu - Siswa menyelidiki pertanyaan yang disajikan guru menggunakan prosedur yang dirancang / dipilih siswa.

4. Pertanyaan Terbuka - Siswa menyelidiki pertanyaan yang dirumuskan siswa melalui prosedur yang dirancang / dipilih oleh siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan