Mohon tunggu...
Sinn MS
Sinn MS Mohon Tunggu... Guru - Educator | Content Writer

Mengamati fenomena kehidupan. Menulis apapun yang terlihat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengapa Perlu Belajar Sejarah Lewat Dokumenter?

13 Juni 2024   07:15 Diperbarui: 13 Juni 2024   08:08 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernahkah kamu menonton film Hiroshima: BBC History of World War II? Atau Moana?  Atau Senyap? Ketiga judul tersebut merupakan film dokumenter. Film dokumenter merupakan film yang mendokumentasikan kenyataan, yang umumnya telah terjadi (di masa lalu). Tidak jarang dari kita menonton film dokumenter untuk memahami suatu peristiwa bersejarah.

Film dokumenter merupakan salah satu media yang efektif untuk mempelajari sejarah. Melalui perpaduan antara gambar, suara, dan narasi, dokumenter mampu menghadirkan peristiwa masa lalu dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Berikut beberapa alasan kita dapat belajar sejarah dari film dokumenter dan mengapa cara ini sangat berguna dalam mempelajari suatu peristiwa di masa lalu.

1. Visualisasi yang Menarik

Salah satu keunggulan utama film dokumenter adalah kemampuannya untuk menyajikan visualisasi yang menarik. Gambar-gambar, rekaman arsip, dan rekonstruksi peristiwa sejarah memungkinkan penonton untuk melihat langsung bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Ini membantu menciptakan pemahaman yang lebih mendalam dan nyata dibandingkan hanya membaca teks atau mendengarkan penjelasan.

2. Narasi yang Mendalam

Dokumenter sering kali melibatkan narasi yang mendalam dan terstruktur dengan baik. Narasi ini biasanya disampaikan oleh ahli sejarah atau narator profesional yang mampu menyampaikan informasi dengan cara yang jelas dan menarik. Dengan adanya narasi, penonton dapat mengikuti alur cerita sejarah dengan lebih mudah dan memahami konteks serta detail-detail penting dari peristiwa yang disajikan.

3. Wawancara dan Testimoni

Salah satu aspek penting dalam film dokumenter sejarah adalah wawancara dan testimoni dari saksi mata atau ahli. Wawancara dengan orang-orang yang mengalami peristiwa langsung memberikan perspektif yang unik dan autentik. Testimoni ini tidak hanya menambah kredibilitas film tetapi juga memberikan sudut pandang personal yang sering kali tidak ditemukan dalam buku teks sejarah.

4. Penggunaan Sumber Arsip

Film dokumenter sering menggunakan sumber arsip seperti foto, rekaman video, dokumen, dan surat-surat yang autentik. Penggunaan sumber arsip ini membantu penonton melihat bukti nyata dari peristiwa sejarah yang dipelajari. Sumber arsip juga memberikan validitas dan keaslian pada informasi yang disampaikan dalam dokumenter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun