Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Jarang Terjadi, Ganda Putra Indonesia Bertumbangan di Babak Awal Turnamen BWF, Ada Apa?

2 September 2022   07:57 Diperbarui: 2 September 2022   15:00 792 19 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya tak mampu melangkah jauh di Japan Open 2022| Dok Kompas.com/Garry Lotulung

Babak 16 besar turnamen bulu tangkis Japan Open 2022 yang dimainkan Kamis (1/9/2022) pagi hingga petang kemarin, seperti menjadi panggung eliminasi bagi wakil Indonesia.

Entah apa yang terjadi, dari 11 wakil Indonesia yang tampil di lima sektor di babak 16 besar, hanya lima wakil yang berhasil lolos ke perempat final.

Dengan kata lain, ada enam wakil Indonesia yang tumbang di babak 16 besar. Yang mengejutkan, dari enam wakil tersebut, beberapa di antaranya merupakan unggulan juara di turnamen BWF World Tour level Super 750 ini.

Namun, yang paling bikin geleng-geleng adalah rontoknya ganda putra Indonesia. Sebab, sangat jarang terjadi, empat dari lima ganda putra Indonesia rontok sekaligus di babak 16 besar turnamen BWF World Tour. 

Malah, ini pertama kali di tahun ini. Sebab, sebelumnya, minimal satu atau dua pasangan lolos ke semifinal bahkan ke final dan jadi juara.

Kita tahu, sudah menjadi rahasia umum, sektor ganda putra selama ini jadi andalan Indonesia untuk meraih gelar. Ketika wakil Indonesia di sektor lain sudah bertumbangan, ganda putra menjadi the last stand.

Ini karena Indonesia memiliki enam pasangan yang mampu bersaing di level elit ganda putra dunia. Mereka mampu bergantian naik podium juara.

Tapi, ceritanya mendadak berbeda di Japan Open tahun ini.

Empat wakil ganda putra Indonesia yang tumbang di babak 16 besar yakni pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta dua pasangan muda, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. 

Dari lima ganda putra Indonesia yang tampil kemarin, hanya pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mampu lolos ke perempat final.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan