Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah Peta Babak 16 Besar Euro 2020, Italia Ada di "Jalur Terjal"

24 Juni 2021   10:45 Diperbarui: 24 Juni 2021   13:30 231 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Peta Babak 16 Besar Euro 2020, Italia Ada di "Jalur Terjal"
Tampil sempurna di fase grup, Timnas Italia bakal menapaki jalan terjal di babak gugur. Leonardo Bonucci dkk melawan Austria di babak 16 besar. Bila menang, Italia bakal bertemu pemenang laga Belgia-Portugal/Foto: https://www.republicworld.com/

Babak penyisihan grup Euro 2020 berakhir Kamis (24/6) dini hari tadi. Ada banyak drama tak terduga yang mengiringi perjuangan tim-tim untuk memastikan tempat di babak 16 besar.

Ada tim yang awalnya kalah beruntun dalam dua pertandingan, ternyata bisa lolos karena kemenangan di laga terakhir. Cerita itu yang dialami oleh Denmark di Grup B.

Ada tim yang tidak pernah menang dan tidak bisa mencetak gol, lantas mengamuk (baca menang besar) di laga terakhir sehingga lolos. Itu yang terjadi pada Spanyol saat menang 5-0 atas Slovakia di laga terakhir Grup E.

Ada pula tim yang tidak kalah saat menghadapi tim kuat Prancis dan Jerman, tapi ternyata gagal lolos. Nasib itu yang dialami Hungaria di Grup F.

Termasuk cerita Ukraina yang hanya meraih satu kemenangan, bisa beruntung lolos ke babak 16 besar sebagai tim keempat peringkat tiga terbaik.

Dibilang beruntung karena nasib Ukraina sebenarnya bergantung tim lain. Andai tadi malam Slovakia bisa bermain imbang dengan Spanyol, maka Ukraina yang akan pulang.

Namun, semesta rupanya lebih memilih Ukraina yang lolos. Bukan Slovakia yang sebelum bertanding ada di atas Ukraina di klasemen peringkat tiga terbaik.

Ini akan jadi pengalaman pertama tim asuhan Andriy Shevchenko tampil di babak 16 besar sejak Ukraina tampil di Piala Eropa sebagai negara sendiri mulai edisi 2012 silam.

Jadwal babak 16 besar

Lalu, setelah 16 tim memastikan lolos ke babak 16 besar, kapan babak gugur bakal digelar. Inilah daftar lengkap kontestam babak 16 besar Piala Eropa 2020 sesuai urutan grup.

Di Grup A, Italia lolos bersama Wales (yang disebut pertama merupakan juara grup). Dari Grup B ada Belgia dan Denmark. Lalu Belanda didampingi Austria dari Grup C.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x