Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Tukang Nulis

Pemungut kisah dari lapangan. Pencerita. Pewawancara. Pernah sewindu bekerja di "pabrik koran". The Headliners Kompasianival 2019. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Kevin/Marcus dan Makna Predikat "30 Bintang Asia 2020 Paling Berprestasi di Level Global" Versi Forbes

4 April 2020   07:23 Diperbarui: 5 April 2020   03:02 579 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kevin/Marcus dan Makna Predikat "30 Bintang Asia 2020 Paling Berprestasi di Level Global" Versi Forbes
Ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya (paling depan) dan Marcus Gideon (dua dari kanan), masuk dalam deretan atlet Asia yang masuk Forbes 30 under 30 Asia 2020/Foto: Kompas.com

Di tengah badai coronavirus disease (Covid-19) yang mewabah di banyak negara di dunia, sulit mendapatkan kabar bagus dari panggung olahraga. Lha wong panggungnya sudah ditutup. Tidak boleh dipakai untuk tampil.

Artinya, tidak ada agenda olahraga yang digelar. Semua insan olahraga tengah menunggu sembari berharap-harap cemas, wabah paling dahsyat yang merusak semua kalender olahraga ini bisa segera berakhir.

Toh, kabar bagus tidak hanya berasal dari lapangan. Kabar bagus tentang olahraga Indonesia, bisa berasal dari mana saja. Seperti awal April kemarin, pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo mendapatkan kabar membanggakan.

Marcus (29 tahun) dan Kevin (24 tahun) yang kini masih berstatus "world number one" alias nomor satu dunia, masuk dalam daftar nama anak muda berprestasi: Forbes 30 Under 30 Asia 2020. Ke-30 nama berprestasi yang dirilis Forbes tersebut adalah para atlet dan juga entertainer di Asia yang berusia di bawah 30 tahun. tetapi prestasinya sudah menjulang di level global.

Dalam pengumuman di laman resminya, Forbes menuliskan catatan singkat perihal deretan prestasi Kevin/Marcus. Narasinya begini:

"Indonesian badminton players Marcus Fernaldi Gideon and Kevin Sanjaya Sukamuljo are currently ranked No.1 in the world for men's doubles. In 2018, the pair won eight BWF World Tour titles and were named Favorite Male Duo and Athlete of the Year at the Indonesia Sport Awards. At the 2020 Badminton Asia Team Championship in Manila, Gideon and Sukamuljo were part of the Indonesia men's team that won gold".

Forbes mencatat, pada tahun 2018 lalu, pasangan peringkat satu dunia ini memenangkan delapan gelar dari turnamen BWF World Tour. Keduanya juga dianugerahi penghargaan sebagai Favorite Male Duo and Athlete of The Year dari Indonesian Sport Awards.

Lantas, di tahun 2020 ini, Kevin dan Marcus ikut memperkuat tim putra Indonesia hingga berhasil mendapatkan medali emas di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia pada Februari lalu. Pendek kata, ganda putra terbaik Indonesia ini memang layak masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2020 tersebut.

Makna pengakuan dari Forbes bagi The Minions
Tentu saja, pengakuan dari Forbes ini membanggakan bagi Marcus/Kevin, bahkan bulutangkis Indonesia. Sebab, hanya mereka, satu-satunya pemain/pasangan pebulutangkis Indonesia yang masuk dalam daftar 30 nama pilihan Forbes tersebut.

Bahkan, untuk level Asia, The Minions--julukan Marcus dan Kevin menjadi satu-satunya pasangan ganda putra yang masuk dalam daftar tersebut. Padahal, beberapa pasangan ganda putra di Asia yang usianya di bawah 30 tahun, juga punya prestasi apik.

Sebut saja pasangan ganda putra Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen yang sama-sama masih berusia 24 tahun dan merupakan juara dunia 2018 serta juara Asia 2018. Ataupun pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia (23 tahun) dan Soh Wooi Yik (22) yang penampilannya terus melejit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN