Mohon tunggu...
Gilang Widanna Putra
Gilang Widanna Putra Mohon Tunggu... Penulis - Orang bodoh yang terus belajar

Psycology, Freelance Writer

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

5 September 2021   14:48 Diperbarui: 5 September 2021   14:55 95 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selama pandemi virus corona melanda seluruh belahan dunia, pikiran buruk dan juga perasaan negatif kerap kali muncul untuk sebagian orang. Bukan hanya perasaan dan pikiran semata, pandemi ini pun ternyata semakin parah dan membuat orang kehilangan pekerjaannya.

Hal inilah yang dapat menimbulkan stress hingga depresi. Hilangnya pekerjaan utama bukan hal yang dianggap remeh, terlebih lagi bagi mereka yang menjadi kepala keluarga.

Semua ini dapat memicu adanya perubahan besar di dalam kehidupan. Belum lagi untuk mereka yang tengah menjadi pasien positif Covid-19 dan harus melakukan isolaso mandiri hingga benar -- benar dinyatakan sembuh total.

Masalah kesehatan mental untuk mereka yang terpapar pandemi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Tetapi, rasa cemas dan juga stress secara berlebihan dapat ditangani dan dikelola sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang semakin parah.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental Anda selama masa pandemi Covid-19, di antaranya adalah sebagai berikut :

Membatasi Diri Dalam Penggunaan Sosial Media 

Selalu mengikuti perkembangan berita dan informasi terbaru memang sangat penting, namun bila berdampak pada kondisi psikis setiap orang, ada baiknya untuk membatasi penggunaan dari sosial media.

Terpapara informasi atau berita yang tidak baik tentu saja bisa berdampak negatif pada kesehatan mental. Segera batasi penggunaan teknologi, kadang diri sendiri perlu juga untuk keluar dari dunia maya dan mencari kesibukan dengan beragam aktivitas yang bisa membuat diri Anda nyaman dan bahagia.

Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan Positif

Ketika sedang menjalani isolasi mandiri atau pun karantina di dalam rumah, tips untuk menjaga kesehatan mental berikutnya bisa dengan menyibukkan diri untuk melakukan beragam aktivitas yang Anda sukai.

Anda juga bisa menonton serial film, membaca buku atau pun bermain dengan hewan peliharaan di dalam rumah. Hal tersebut memang terlihat sepele, namun bila Anda sukai justru dapat meredakan stress.

Selalu Menjaga Interaksi Dengan Sahabat

Berada di rumah selama 24 jam non stop mungkin bisa membuat sebagian orang merasakan stress. Di tambah lagi, untuk mereka yang sudah terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan