Mohon tunggu...
Anjani Susila
Anjani Susila Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Selenophile

Just a normal human being.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Ekskul Bagi Pelajar

7 September 2023   20:22 Diperbarui: 7 September 2023   20:31 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mungkin di jaman sekarang ini pelajar lebih mementingkan pembelajaran akademik dibandingkan dengan bakat mereka. Namun, sebenarnya mereka juga harus mengolah bakat mereka yang mereka punyai dari kecil maupun hobi - hobi mereka yang mereka sukai. Maka dari itu, Ekskul atau Ekstrakurikuler sangatlah penting untuk diadakan di sekolah. Dengan adanya ekskul, murid - murid juga dipastikan tidak akan jenuh.

Seperti di sekolah saya sendiri, yaitu SMP Taruna Bangsa Sentul yang mengadakan banyak sekali ekskul untuk murid - muridnya. Ada di bidang kesenian, olahraga, dan lain - lainnya. Untuk kesenian ada beberapa ekskul yang dapat diikuti seperti tari, vokal, keyboard, gitar, dan sebagainya. Bukan hanya itu saja, tetapi kami juga memiliki ekskul olahraga seperti basket, futsal, bulu tangkis, dan masih banyak lagi. Sangat menarik bukan? 

Dan disini, saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti ekskul Jurnalistik di SMP Taruna Bangsa. Sebelumnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu ekskul Jurnalistik. Ekskul Jurnalistik merupakan ekskul yang dimana murid - muridnya akan mempelajari hal - hal seputar jurnalis. Seperti wawancara, menulis, mengedit, dan juga membuat projek event yang ada di sekolah. Dengan itu semua, kami dapat melatih kreativitas dan meningkatkan juga percaya diri.

Foto pribadi
Foto pribadi

Ini adalah salah satu kegiatan kami. Yaitu, membuat projek mading untuk hari pramuka 2023. Disini kami melakukan kerjasama dengan sangat baik. Kami membagi tugas masing - masing, ada yang membuat pantun, dekorasi, dan juga fakta - fakta tentang hari pramuka yang pastinya sangat menarik.

Foto: pribadi
Foto: pribadi

Ini adalah hasil poster digital saya yang saya buat untuk projek hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78. Dan pastinya saya membuat ini saat Ekskul Jurnalistik bersama teman - teman saya yang lainnya. Saya juga pastinya diberikan saran - saran yang baik oleh guru saya. 

Saya sangat senang dapat mengikuti Ekskul Jurnalistik ini. Dan saya harap sekolah - sekolah di Indonesia juga dapat lebih memberi muridnya kesempatan untuk mengadakan ekskul - ekskul yang menarik untuk diikuti dan yang pastinya berguna juga untuk masa depan maupun masa sekarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun