Mohon tunggu...
Guntur Ajiselo
Guntur Ajiselo Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Halo, namaku Guntur. Selamat datang di Kompasiana ku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Platform YouTube terhadap Pengetahuan tentang Perkembangan Gadget di Masyarakat

9 April 2021   13:55 Diperbarui: 9 April 2021   14:24 186 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Platform YouTube terhadap Pengetahuan tentang Perkembangan Gadget di Masyarakat
Picture by econsultancy.com

Era digital merupakan perkembangan teknologi yang sangat luar biasa perkembangannya. Semua yang kita lihat dan kita gunakan, mulai dari aplikasi smartphone, penggunaan media digital yang berbasis dengan internet, sampai smartphone itu sendiri adalah bentuk nyata dari digitalisasi. Teknologi digital sudah sangat bervariasi dan sudah bersifat otomatis. Artinya semua pengoprasian tanpa menggunakan tenaga manusia lagi secara manual dan hanya cukup dikontrol penggunaannya.

Lev Monavich (dalam Rustam Aji, 2016) menjelaskan bahwa ada lima karakteristik digital, yakni numerik representasi; modularitas (prinsip perakitan unit yang lebih besar dari yang lebih kecil); otomatisasi; variabilitas; dan transcoding (hubungan antara komputasi dan budaya sehari-hari). Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa digitalisasi adalah suatu cara dengan memadukan perkembangan teknologi dengan kehidupan sehari-hari demi memudahkan kehidupan.

Berbicara digitalisasi tentunya tidak terlepas dengan yang namanya media. Media sebagai sebuah out put atau sarana dari sebuah konsep digital. Artinya media berperan besar dalam proses digitalisasi. Media inilah yang dinamakan dengan media baru atau new media. Flew (dalam Jerry, Efriza & Anwar, 2020) mengartikan new media sebagai:

"as those forms that combine the three Cs: computing and information technology (IT); Communication Network; digitised media & information content."

Dapat diartikan bahwa media baru atau new media adalah gabungan dari komputerisasi dan teknologi informasi, jaringan komunikasi, dan media digital serta konten informasi. Media baru sudah menjadi primadona ditengah masyarakat dan membawa banyak perubahan serta dampak yang diberikan. 

Media baru dapat dikatakan sebagai media yang bebas dimana tidak adanya batasan dalam penggunaannya. Penanggulangan atau regulasi dari efek new media dapat dilakukan mulai dari setiap individu dengan menggunakannya secara bijak dan baik. Hermin Indah Wahyuni dalam bukunya yang berjudul "Kebijakan "Media Baru" di Indonesia" berpendapat bahwa new media khususnya dalam aspek regulasi memiliki perkembangan dan implementasi yang sangat cepat di berbagai bidang serta memiliki kecenderungan tidak mudah dikendalikan.

New media adalah wujud dari perkembangan teknologi komunikasi yang menjadi landasan dalam perkembangan kemajuan yang saat ini kita nikmati. Junaedi (dalam Jerry, Efriza & Anwar, 2020) berpendapat bahwa sifatnya yang global membuat new media sebagai bentuk teknologi komunikasi baru memiliki kemampuan menjangkau siapa saja yang diinginkan penggunanya. Hal ini dapat disamakan dengan pendapat Hermin (2013) yang menyatakan bahwa teknologi media baru berimplikasi begitu kuat pada berbagai aspek kehidupan sosial dan masyarakat di berbagai negara.

Persoalan new media tidak lepas dengan media sosial. Media sosial yang saat ini digandrungi oleh para pengguna internet khususnya di Indonesia adalah Youtube. Dengan total akses mencapai 170 juta pengguna atau sekitar 93,8 persen dari total populasi 181,9 juta pengguna internet berusia 16-64 tahun. 

Menjadikan Youtube sebagai media sosial paling populer di Indonesia. Artinya platform Youtube memiliki peran yang besar bagi masyarakat Indonesia. Terlebih banyak konten yang bersifat edukasi dan informatif di Youtube sehingga dapat menambah wawasan serta pengetahuan para penggunanya.

Sebagai pengguna smartphone terbesar ke-6 di dunia dengan total pengguna mencapai 73 juta orang. Walau demikian, persentase keseluruhan hanya sekitar 27 persen dari total penduduk. Walau sedikit tetapi populasi yang cukup banyak untuk pengguna smartphone di suatu negara. Dengan pengguna smartphone yang banyak ini, masyarakat Indonesia harus memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan smartphone agar dapat memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Platform Youtube sangat populer untuk berbagai kalangan usia dan dari berbagai latar belakang, baik itu pendidikan dan juga pekerjaan. Youtube memberikan keleluasaan dalam berkreasi dan menciptakan branding terhadap apa yang akan kita bagikan kepada orang banyak. Salah satu channel Youtube yang informatif mengenai perkembangan seputar smartphone atau gadget adalah Gadgetin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN