Mohon tunggu...
Goel A Pahit
Goel A Pahit Mohon Tunggu... Jurnalis - Lauik sati rantau batuah

Pembaca, suka menulis dan cinta akan dunia literasi. Saya bercita-cita mendirikan pustaka baca gratis untuk desa kelahiran saya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Gunakan Gadgetmu dengan Baik

19 Oktober 2021   10:02 Diperbarui: 19 Oktober 2021   10:06 73 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Perjalanan hidup terasa sangat cepat, dengan pergantian zaman yang terus semakin maju dengan kehadiran teknologi yang dihasilkan oleh kehebatan manusia. Boleh dikatakan setiap orang memiliki gadget pada saat ini. 

Gadget adalah kebutuhan wajib setiap orang pada masa sekarang. Tua muda sudah sibuk dengan gadgetnya masing-masing, hingga banyak yang lupa dengan tradisi pada masa lampau.

Namun banyak orang terseret pada pengaruh negatif dalam menggunakan gadget, semua itu disebabkan oleh rasa ingin tahu di luar batas wajar. Hingga menyebabkan statement buruk tentang gadget atau dunia teknologi.

Padahal semua itu terjadi karena gadget diberikan kepada anak usia dini yang masih labil, memiliki rasa ingin tahu di luar batas. Hingga terjadi hal-hal negatif pada pemikiran anak. Untuk mengurangi kejadian ini, para orang tua harus mengontrol anak agar tidak terjadi sesuatu yang buruk.

Namun ada juga orang dewasa terkena dampak buruk akan gadget. Seperti perjuadian online, game online dan modus penipuan. Banyak orang terseret pada virus perjudian, hingga mengakibatkan terjadinya kesulitan ekonomi, menghancurkan keharmonisan keluarganya. 

Pada posisi ini, orang ini hanya mencari untuk dengan cara yang salah. Ingin cepat kaya dengan cara yang salah. Ada juga yang sibuk dengan game online, pada posisi ini banyak usia muda beranjak dewasa terjebak dalam hal ini. Hingga menyebabkan gagalnya pendidikan, atau tertundanya proses pendidikan. 

Orang ini hanya mencari kepuasan saja, tanpa memikirkan efek dari game tersebut. Selanjutnya modus penipuan, banyak sekali pihak yang menggunakan gadget untuk menipu atau mencari keuntungan pribadi dengan mengimingi orang dengan hadiah. Orang ini pada umumnya memahami ilmu teknologi dan komunikasi.

Alangkah baiknya gadget digunakan dengan baik. Menguntungkan tapi tidak merugikan orang lain, menguntungkan tapi tidak merugikan diri sendiri. Gadget adalah fasilitas lengkap yang diciptakan dengan ilmu manusia masa kini. Tujuannya adalah mempermudah segala urusan, tanpa ada yang dirugikan. 

Jika kita bisa berpikir dengan baik, gadget adalah ladang usaha yang bisa menghasilkan uang. Semua yang anda butuhkan ada di dalam gadget yang kalian genggam pada saat ini. Hanya saja kita mesti pandai memilah hal baik dan buruknya, agar tidak merugikan pada diri kalian sendiri.

Jika kamu seorang akademisi, maka semua buku ada di dalam gadgetmu. Jika kamu seorang pebisnis, maka kamu bisa menggunakan gadgetmu untuk berbisnis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan