Mohon tunggu...
Reba Lomeh
Reba Lomeh Mohon Tunggu... PEKEBUN

PEKEBUN

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Presiden Jokowi, Tipe Pemimpin Bermental Sophrosyne

27 Maret 2020   04:08 Diperbarui: 28 Maret 2020   01:03 5151 34 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Presiden Jokowi, Tipe Pemimpin Bermental Sophrosyne
Presiden Jokowi (KOMPAS)

Bila menghela narasi tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi), kira-kira apa yang terlintas didalam batok kepala Anda? Jika pertanyan ini dibalik kepada saya, jawaban saya adalah sosok yang bermental Sophrosyne.

Apa itu mental sophrosyne? Adalah sebuah konsep (Yunani kuno) tentang cita-cita, keunggulan karakter dan kesehatan pikiran, yang bila digabungkan dalam satu individu yang seimbang mengarah pada kualitas-kualitas lain, seperti kesederhanaan, kehati-hatian, kemurnian, kesopanan, dan kontrol diri.

Beberapa ciri dan atau sifat tersebut yang menurut saya sejauh ini melekat pada diri Presiden Jokowi. Sebagaimana substansi dasarnya berkesadaran pada faktor In Se (dalam diri Jokowi) itu sendiri.

Tentu disini, saya bukan Tuhan dan atau dewa yang bisa menyelam sampai ke kedalaman diri seorang Jokowi. Bukan juga seorang amatir dan pecundang yang sedang mengawang-awang.

Kongkritnya bahwa, taksiran rasionalitas- intelektual saya sebagai manusia dalam melihat keberadaan manusia lainnya.

Lebih lanjut, dibawah pemerintahan Jokowi sekarang ini, bangsa kita sedang menghadapi situasi rumit dan serius. Yakni ihwal serangan pandemi covid-19 yang kian menambah deretan korban jiwa.

Tak pelak, serangan wabah yang semulanya muncul di Wuhan, China ini seakan membuat kalut semua elemen bangsa, tak terkecuali Presiden Jokowi.

Ditambah lagi ditengah situasi batas ini, Presiden Jokowi juga kehilangan Ibunda tercinta, Hj. Sudjiatmi Notomihardjo. Tidak bisa dibayangkan betapa kacaunya situasi batin Presiden Jokowi saat ini.

Lantas, apakah beliau putus asa dan menyerah terhadap berbagai persoalan bangsa sekarang ini? Tentu saja tidak! Beliau adalah pribadi yang kuat (Askenden).

Meski begitu, ditengah kemalangan ini, jangan biarkan beliau berjalan sendiri. Sebagai masyarakat tanah air kita sepatutnya solid untuk memberikan dukungan moril dan hiburan bagi keluarga Presiden Jokowi yang sedang berduka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN