Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Rangkuman Webinar "Dee Lestari Berbagi Tips Menulis Populer"

26 November 2022   04:02 Diperbarui: 26 November 2022   04:04 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dee Lestari Berbagi Tips Menulis Populer. (mettasik, dokpri)

Senin malam, pukul 19.00, tanggal 21 November 2022, untuk menyambut ulang tahunnya yang  pertama, Grup Mettasik bekerja sama dengan Kompasiana menghadirkan Dewi Lestari pada acara Webinar dengan tema: "Dee Lestari berbagi tips menulis populer. "

Acara dipandu oleh moderator kawakan yang juga sesepuh grup Mettasik, "Acek" Rudy Gunawan, si "Palugada". Berikut adalah bio data dari sang moderator:

Rudy Gunawan, B.A., CPS, Member of IPSA, Member of INTI, MURI Record Holder, First Numerologist in Indonesia, Enterpreneur, Public Speaker, Author.

Hadir tepat waktu, dengan senyum menawan dan riasan wajah sederhana, kecantikannya memancarkan keteduhan hatinya. Dee Lestari hadir mempesona dengan balutan blouse warna hitam. Dia menyapa seluruh audiens dengan ramah. Siapakah Dee Lestari? Moderator memberi tahu kita tentangnya sbb:

Dewi Lestari Simangunsong atau lebih dikenal sebagai Dee Lestari adalah seorang penulis, pencipta lagu, dan penyanyi Indonesia.

Diawal presentasinya, Dee Lestari mengingatkan di jalur mana kita akan berada: Sebagai penulis fiksi atau non fiksi. Dia sendiri memantapkan dirinya dijalur penulis cerita fiksi. Walaupun begitu, Dee mengatakan bahwa kiat-kiat menulis yang akan dia sampaikan bisa diterapkan di kedua jalur tersebut, sesuai dengan tema webinar malam ini: "Dee Lestari berbagi tips menulis popular." Dua puluh tahun pengalamannya dalam menulis, dibagikan dengan murah hati kepada semua audiens.

Inilah beberapa tips yang Dee paparkan dalam power point (Ppt)nya yang berjudul "Kiat menulis popular":

Mengawali presentasinya, Dee mengutip kata-kata dari Phillip Pullman: After nourishment, shelter and companion, stories are the thing we need most in the world. (Setelah pangan, papan dan hubungan(antar manusia), cerita adalah hal terpenting di dunia ini).

Lalu melanjutkan dengan Quote dari Yuval Noah Harari, manusia menjadi mahluk paling dominan karena kemampuannya bercerita. Manusia bisa menggorganisir dirinya secara komunal, memiliki seni, sejarah, agama, semua itu datang dari kekuatan bercerita. Inilah pemaparan Dee selengkapnya:

Manfaat menulis

Menulis membuat kita:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun