Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Curahan Hatiku, Betapa Aku Mencintai Negeri Ini

28 Oktober 2022   19:14 Diperbarui: 31 Oktober 2022   13:39 851
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Curahan Hatiku, Betapa Aku Mencintai Negeri Ini (gambar: pcnupati.or.id)

   

Di sini aku dilahirkan
Di sini aku dibesarkan
Di sini pula aku akan mengabdi dan berbakti Seumur hidupku
Di negeriku, Indonesia tercinta.

Dari untaian puisi tersebut sudah sangat jelas, bahwa aku adalah orang Indonesia dan sangat mencintai negeri ini.

" .......Indonesia pusaka
Indonesia tercinta
Nusa bangsa dan bahasa
Kita bela bersama"

Setiap kali mendengar alunan lagu tentang Indonesia, hati ini bergetar, karena rasa cintaku terhadap ibu pertiwi ini. Apalagi saat bulan kemerdekaan, di seantero negeri berkumandang dengan gagahnya lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu perjuangan lainnya.

Aku pernah mencintai dan dicintai. Mencintai orang tua, suami, anak, teman, binatang peliharaan, barang dan masih banyak lagi. Sebagai anak bangsa, tentu aku pun  mencintai tanah kelahiranku.

Mengapa aku Mencintai Indonesia?

Seperti sepasang kekasih. Memiliki alasan saling mencintai. Mungkin karena fisiknya, memiliki wajah tampan atau cantik, karena tubuhnya yang atletis atau seksi.

Mungkin karena karakternya. Percaya diri, pandai, simpatik dan ramah. Pastinya selalu ada alasan untuk mencintai dan dicintai.

Begitu pula aku, begitu banyak alasan untuk mencintai Indonesia. Panorama alamnya yang indah, dapat memanjakan mata saat memandangnya. Menghilangkan kepenatan dan membuat tubuh ini kembali rileks. Gunung yang menjulang, lautan luas tak berujung, pantai indah, sawah membentang dari sabang sampai merauke dan segala yang ada di Bumi Indonesia sudah membuat jatuh cinta.

Tidak hanya itu yang menyebabkan aku jatuh cinta. Keragaman Suku bangsa yang mengakibatkan Indonesia memiliki aneka budaya, adat istiadat, seni dan makanan tradisional, sungguh membuat terpesona. Keramahtamahan penduduknya menjadi daya tarik yang membuat diri ini enggan meninggalkan negeri tercinta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun