Mohon tunggu...
Grup Penulis METTASIK
Grup Penulis METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengoptimalkan Resolusi 2022 dengan Mental Gajah Perang

30 Desember 2021   05:43 Diperbarui: 30 Desember 2021   10:29 340 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengoptimalkan Resolusi 2022 dengan Mental Gajah Perang (Foto: wired.co.uk, desain oleh penulis)

Secara tradisi bulan Desember merupakan momen yang tepat untuk kontemplasi. Waktu dimana kita merefleksi apa yang telah dilewati selama setahun dan memikirkan bagian mana dari kehidupan kita yang dapat diperbaiki. Membuat resolusi untuk masa depan yang lebih baik.

Namun, seperti tahun sebelumnya, pandemi masih mengintai. Muncul varian baru Delta dan Omicron di tahun 2021. Orang kehilangan pekerjaan bahkan sanak keluarga dan teman. Sehingga membuat mereka belum siap dan terkesiap untuk menutup lembaran lama dan memulai halaman baru.

Menurut Dr. Lazarus, psikolog dari Ohio State University Wexner Medical Centre, kita jangan memaksakan diri membuat tujuan yang mungkin tidak realistis selama masa pandemi global (cnet.com).

Berbelas kasihlah pada diri sendiri. Tentukan tujuan yang realistis. Rayakan setiap pencapaian kecil. Perubahan kecil bisa membuat stress berkurang dan menjadi lebih bahagia.

Tips Mengoptimalkan Resolusi 2022

Carrie H. Kennedy, Ph.D., ABPP, seorang neuropsychologist (Psychology Today), menyebutkan beberapa variable penentu suksesnya resolusi dalam masa pandemi.

(1)

Tentukan tujuan yang penting, seperti: menjadi lebih sehat, mendapatkan pekerjaan baru. Kemudian membuat langkah yang dapat diukur dan dapat dicapai untuk meraih tujuan.

(2)

Buatlah resolusi yang realistis dan masuk akal. Kebanyakan dari kita ingin menjadi yang paling hebat, menjadi milyarder. Sayangnya, hal tersebut tidak akan berhasil. Agar masih bisa dalam jangkauan kita, buatlah sederet langkah dan subgoal. Lakukan setapak demi setapak hingga tercapai tujuan.

(3)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan