Mohon tunggu...
Gregorius Aditya
Gregorius Aditya Mohon Tunggu... Konsultan - Brand Agency Owner

Seorang pebisnis di bidang konsultan bisnis dan pemilik studio Branding bernama Vajramaya Studio di Surabaya serta Mahasiswa S2 jurusan Technomarketing Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Saat ini aktif mengembangkan beberapa IP untuk bidang animasi dan fashion. Penghobi traveling dan fotografi Landscape

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Keunikan Desain Visual dari Brand Mewah yang Jarang Diketahui Awam

10 April 2024   20:15 Diperbarui: 10 April 2024   20:24 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi poster brand-brand mewah. Sumber: ebay.co.uk

Pernahkah kita coba memperhatikan bahwa iklan produk sepatu tertentu seperti Gucci, Chanel, Prada terasa sangat berbeda dengan iklan produk sepatu seperti Fladeo, Hush puppies, atau Bata? 

Jika kita perhatikan dengan sungguh-sungguh, perbedaan itu terasa bukan hanya pada masalah model atau besar label harganya, namun mencakup keseluruhan bahasa visual yang ditampilkan. 

Brand-brand mewah tersebut sebenarnya telah menguasai seni periklanan dengan menciptakan identitas visual yang mencerminkan betapa memukaunya produk mereka, nuansa eksklusivitas, dan kualitas yang ditampilkan. 

Bila dilihat dari kacamata awam, sekilas semua poster iklan sama saja. Namun bila ditilik secara visual dan mendetail, ada nuansa tersendiri yang menjadikannya berbeda. Apa sebenarnya yang membedakan mereka dari sesama brand lain yang dengan harga lebih terjangkau?

Jika dilihat dari kacamata ilmu desain, kuncinya sebenarnya terletak pada pendekatan strategis terhadap desain visual yang hendak ditampilkan. Berbeda dengan kompetitor dengan harga reguler, yang mungkin mengandalkan tata letak yang ramai dan warna yang mencolok untuk menarik perhatian, merek-merek mewah justru sebaliknya memilih pendekatan yang lebih halus dan berkesan. Berikut penjelasannya.

1. Adanya Minimalisme Desain dan Fokus Sebagai Aturan Utama

Seorang Brand Strategist, Lizmariestrategy mencatat bahwa desain produk-produk mewah cenderung halus dan minimalis. Mereka menghindari kekacauan dan tetap fokus pada produk yang dijual itu sendiri. Hal ini menciptakan rasa eksklusivitas dan kualitas dengan membiarkan produk terlihat jelas tanpa gangguan dari banyaknya teks.

Apabila merek-merek reguler berusaha sebanyak mungkin berkata-kata, brand mewah justru menekankan bahwa "Minimalisme berkuasa". Adanya garis yang bersih, ruang negatif visual (negative space) yang jelas, dan fokus utama pada keindahan  produk itu sendiri menciptakan suasana percaya diri yang tenang. 

Dalam hal ini, seluruh brand mewah sebenarnya pada promosi periklanannya memiliki sebuah pesan yang jelas: biarkan produk berbicara dan berpromosi sendiri, dan kualitasnya terbukti dengan sendirinya.

Ilustrasi banner raksasa brand mewah. Sumber: risolo.it
Ilustrasi banner raksasa brand mewah. Sumber: risolo.it

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun