Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Guru Nasional 2023: Komite Sekolah Belum Optimal Jadi Mediator Guru dan Ortu

28 November 2023   13:03 Diperbarui: 28 November 2023   13:07 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Komite Sekolah (dok foto: Ombudsman RI)

Ada satu komponen yang sering disebut-sebut menjadi bagian integral dari konsep dan implementasi relasi antara pihak sekolah dan orang tua murid. Komponen ini tidak lain adalah Komite Sekolah. 

Merujuk pada dapodik.co.id,  Komite sekolah hadir akibat adanya Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016. Dalam Pemendikbud tersebut, dikatakan bahwa Komite Sekolah itu suatu lembaga mandiri.

Baca juga: Dilema Guru Honorer

Anggota Komite Sekolah adalah orang tua dan wali peserta didik, termasuk komunitas sekolah dan tokoh-tokoh masyarakat yang peduli terhadap pendidikan

Berdasarkan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tersebut maka tugas dari Komite Sekolah adalah melakukan fungsi dan kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

1.  Memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan.

2. Menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat. Dapat berupa perorangan, organisasi, dunia usaha, atau dunia industri.

3. Mengawasi pelayanan pendidikan di Sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

4. Menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua/wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan Komite Sekolah atas kinerja Sekolah. 

Lantas seberapa besar peran komite sekolah dalam menjalankan fungsi pokoknya? Apakah mereka berhasil menjadi mediator antara sekolah, yaitu para guru, tenaga teknis dengan siswa dan orang tua peserta didik?

Jawabannya pastilah bervariasi. Berbasis pada bagaimana sekolah, terutama kepala sekolah memilih dan menetapkan para anggora komite sekolah untuk membantu penyelenggaraan sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun