Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru. https://www.facebook.com/greg.nafanu; https://www.instagram.com/gregoriusnafanu; https://www.linkedin.com/in/gregorius-nafanu; https://twitter.com/LuanOenunu

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Budidaya Lele di Lorong Rumah

2 Desember 2022   04:42 Diperbarui: 2 Desember 2022   17:02 1830
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ini adalah hasil panen lele yang dibudidayakan di lorong rumah (dokumentasi pribadi)

Punya lorong atau space di sekitar dinding rumah? Kosong atau hanya dijadikan sebagai jalan setapak untuk berkeliling sekitar rumah? Kira-kira apa ya, yang bisa dilakukan di sini agar lorongnya bermanfaat?

Yuk, mari membuat bak ikan. Baknya kita tumpang tempel pada dinding tembok rumah saja. Biar mengurangi pengeluaran untuk semen. Panjang dan lebarnya bisa 1 meter x 0,5 meter dengan tingginya sekitar 0,5 meter. Bisa lebih atau kurang, tergantung ketersediaan tempat.

Memanfaatkan lorong rumah nan sempit untuk beternak lele dan tanam sayur dalam pot (dokumentasi pribadi)
Memanfaatkan lorong rumah nan sempit untuk beternak lele dan tanam sayur dalam pot (dokumentasi pribadi)

Baknya dapat disekat menjadi beberapa bagian, sehingga ikan yang kita pelihara pun dilakukan secara bertahap. Dengan demikian, kita akan mempunyai ikan di dalam bak dengan umur yang berbeda, sehingga panennya pun bisa dilakukan secara bertahap.

Lele sudah dapat dipanen saat berusia 2,5-3 bulan. Asalkan kita rajin memberi pakan, minimal 1 kali sehari. Tetapi lebih baik diberikan dua kali sehari, pagi dan sore. Pakan yang diberikan, jangan sampai berlebihan dan mengendap di dasar kolam. Bisa menjadi racun bagi ikan.

Bak ikan sebaiknya disekat-sekat untuk memelihara ikan secara bertahap (dokumentasi pribadi)
Bak ikan sebaiknya disekat-sekat untuk memelihara ikan secara bertahap (dokumentasi pribadi)

Jumlah populasi ikan lele untuk ukuran 1 meter persegi adalah sebanyak 300-400 ekor. Tetapi saya lebih suka mengisi 150 ekor. Tidak terlalu padat populasinya dan semakin besar peluang semua ikan mendapatkan pangan yang kita berikan.

Saya pribadi lebih memilih untuk memelihara lele di dalam bak di samping rumah. Nila memang bisa bertahan, tetapi jenis ikan ini memerlukan sirkulasi air. Sementara lele tetap bertahan hidup dalam air yang berlumpur sekalipun.

Di atas bak ikan, kita dapat menempatkan pot berisi tanaman sayuran. Pilih saja sayuran yang mudah dibudidayakan dan cepat panennya. Beberapa di antaranya, kangkung, sawi, dan cabe. Bisa juga dikombinasi dengan tanaman bunga. Menambah semarak lorong sempit kita. 

Untuk budidaya lele yang lebih profesional dan berorientasi bisnis, peternak lele bisa mempersiapkannya dengan lebih baik. Mulai dari penyiapan lahan, air, pakan, pemberian obat, dan tentu saja pemilihan jenis ikan lelenya. Disesuaikan dengan pasar dan kondisi tempat usaha kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun