Mohon tunggu...
Just Me
Just Me Mohon Tunggu...

-

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Backpacking ke Jepang: Sky Bus Tokyo (HOHO Bus Tokyo)

21 Maret 2014   20:31 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:39 427 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Backpacking ke Jepang: Sky Bus Tokyo (HOHO Bus Tokyo)
1395483297632477798

Salah satu kendala yang membuat para backpacker ragu untuk berkunjung ke Tokyo (Jepang) adalah perihal sarana transportasi umumnya yang dianggap cukup rumit, apalagi oleh para first-timer. Belum lagi masalah bahasa dan tulisan yang tidak mudah dimengerti. Namun kini sudah ada solusi akan masalah ini...

Menyusul sistem transportasi khusus untuk wisatawan a la Hop On Hop Off (HOHO) Bus seperti yang bisa ditemukan pada kota-kota tujuan wisata utama di dunia seperti Barcelona, New York, Amsterdam, Sydney, London, Singapura, Hong Kong, Shanghai dalam bentuk City Sightseeing Bus ataupun Big Bus, kini Tokyo pun sudah memiliki armada bus HOHO serupa yang dinamakan Sky Hop Bus Tokyo.

Sky Hop Bus Tokyo ini memiliki 3 jalur perjalanan utama mengitari seluruh pusat kota Tokyo dengan halte-halte yang letaknya dekat dengan objek wisata populer seperti Tokyo Tower, Asakusa, Tokyo Skytree, dan lain-lain.

Sky HOP Bus rute BIRU memiliki jalur perjalanan mulai dari Marunouchi Mitsubishi Building – Tokyo Skytree Station – Asakusa – Ueno Matsuzakaya – Akihabara – Sin Nihombashi dan berakhir kembali di Marunouchi Mitsubishi Building.

Sky HOP Bus rute UNGU memiliki jalur perjalanan mulai dari Marunouchi Mitsubishi Building – Hotel New Otani Tokyo – Tokyo Midtown – Roppongi Hills – Tokyo Tower dan berakhir kembali di Marunouchi Mitsubishi Building

Sementara Sky HOP Bus rute HIJAU memiliki jalur perjalanan mulai dari Marunouchi Mitsubishi Building – Tokyo Tower – Fuji Television – Venus Fort – Tokyo Bay Ariake Washington Hotel – Toyoku – Tsukiji Ginza dan berakhir kembali di Marunouchi Mitsubishi Building.

Penumpang bus bertingkat dengan atap terbuka ini bisa dengan leluasa naik dan turun bus di halte yang sudah ditentukan sepanjang hari sesuai masa berlaku tiket yang dibelinya. Jadi ketika seorang penumpang bus rute hijau hendak mengunjungi Tokyo Tower, dia bisa turun di halte bus Tokyo Tower. Setelah itu, pada jadwal kedatangan bus yang sudah ditentukan, dia bisa naik kembali bus yang sama untuk menuju perhentian berikutnya (misalnya ke Tsukiji Ginza) tanpa harus membayar lagi.

Setiap pemegang tiket Sky HOP Bus Tokyo yang masih berlaku bisa menumpang ketiga rute bus tersebut di atas. Penumpang bisa berpindah jalur dari HIJAU ke BIRU misalnya ketika bus tiba di halte Marunouchi Mitsubishi Building. Biasanya akan ada pengumuman dari alat penterjemah otomatis yang terpasang di setiap kursi penumpang bus mengenai hal ini.

Masing-masing bus dilengkapi dengan headphone di setiap tempat duduk yang terdapat penjelasan tentang objek wisata/fasilitas yang dilewati oleh bus yang bersangkutan. Penjelasan ini direkam dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Jepang, Mandarin dan Bahasa Inggris. Bahasa asing lainnya akan menyusul kemudian.

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, penumpang cukup membeli tiket bus 1 kali saja yang memiliki masa berlaku 24 atau 48 jam penuh. Harga tiketnya tergolong cukup terjangkau untuk standard transportasi di Jepang.




[caption id="attachment_327884" align="alignleft" width="200" caption="Panduan TravelHemat ke Jepang"][/caption]

Untuk tiket Sky HOP Bus Tokyo dengan masa berlaku 24 jam dipatok 2500 Yen untuk penumpang dewasa dan 1200 Yen untuk penumpang anak-anak.



Sementara tiket Sky HOP Bus Tokyo 48 jam dibanderol 3500 Yen untuk dewasa dan 1700 Yen untuk penumpang anak-anak.

Tiket bus tersebut tidak termasuk tiket masuk ke berbagai objek wisata di Tokyo. Jadi tiket Sky HOP Bus Tokyo hanya berlaku untuk menumpang ketiga rute bus yang bersangkutan saja.

Tiket Sky HOP Bus Tokyo bisa dibeli pada konter yang terdapat di Marunouchi Mitsubishi Building atau bisa juga dibeli pada sopir bus secara langsung dan bisa dipergunakan saat itu juga.

Dengan hadirnya fasilitas Sky HOP Bus Tokyo ini, maka Anda tidak perlu bingung lagi dengan masalah kendaraan umum apa yang harus dipergunakan untuk mengunjungi objek wisata tertentu. Anda tidak perlu kuatir salah naik subway, metro, kereta ataupun bus kota di kota Tokyo yang dikenal cukup membingungkan itu.

Silakan baca panduan lengkap mengenai TravelHemat ke Jepang di SINI!



Anda bisa share artikel ini di Facebook/Twitter/Google+ untuk teman & kerabat. Siapa tahu mereka membutuhkannya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x