Mohon tunggu...
Grandys SofiaNita
Grandys SofiaNita Mohon Tunggu... Travel Food Blogger

Blogger suka jalan icip makanan dan juga dandan. Menghabiskan waktu luang dengan membaca buku dan menonton film yang dengan senang hati ia tuliskan di blog pribadinya di www.grandysofia.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Nilai-nilai Pancasila untuk Milenial di Era Kenormalan Baru

21 Juli 2020   16:57 Diperbarui: 21 Juli 2020   18:00 30 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nilai-nilai Pancasila untuk Milenial di Era Kenormalan Baru
nilai-nilai pancasila (Design Pribadi by canva)

Melihat nilai-nilai Pancasila yang aku ingat betul saat masih di bangku sekolah dasar, yang selalu menjadi materi bangku sekolah (oke saya angkatan 94-an) mengerti bahwa apa yang ada dalam Pancasila itu baik untuk bangsa negara Indonesia. 

Sebagai anak  millenial, kita tilik dahulu sejarah bangsa Indonesia itu merupakan sejarah panjang, yang merupakan sesuatu yang sangat dibanggakan. Dan menjadi tantangan tersendiri lho!

Gambaran sederhana Indonesia itu punya narasi sejarah yang panjang dan sangat mendalam. Pikirkan ketika apa yang bisa kita beri untuk bangsa Indonesia ini. 

Itu yang menjadi greget tersendiri ketika aku sebagai anak muda Indonesia jika tidak bisa santun kepada orang tua, mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan sekitar, lalu menyebarkan sesuatu konteks yang tidak benar dan mendorong menyebarkan berita hoax, jadi bentuk struggle tersendiri untuk bisa cerdas mengatasi pergeseran bangsa ini agar tetap tidak meninggalkan nilai-nilai Pancasila.

Gadget menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan saat ini

Bangsa Indonesia telah dikenal dengan karagaman berbagai macam suku budaya dan juga agama. Semuanya ini sudah tercantum dalam satu kesatuan di Pancasila.

Tentu kita ingin menjadi pahlawan di era saat ini, dengan menunjukkan sumbang asih dalam kebhinekaan kita. Ini menjadi reminder kita, tetap harus ingat akan nilai-nilai dari pancasila itu sendiri. Jangan sampai mendewakan sebuah alat atau teknologi itu sendiri. 

Dengan adanya arus globalisasi, kemungkinan tergerusnya nilai-nilai pancasila ini tetap harus melestarikan terus nilai-nilai panasila ini. DUni avirtual ini tuh di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. 

Bersama dengan Pak Widodo Muktiyo (Kominfo) aku seneng banget bisa ikut serta dalam webinar Pendekar Pancasila ini. Yang mengatakan bahwa,

"Dilihat dari pemakaian gadget bersamaan dengan internet itu ibarat informasi dan data sama kayak makanan sehari-hari. Untuk itu kita tau mana konsumsi makanan yang sehat dan baik untuk tubuh, begitupun dengan informasi dan data, tentu harus ada pemilahan. Dengan melek informasi ini juga akan menunjukkan beberapa perubahan perilaku, yang memang cukup unik. Tentu harus di counter ya, sama seperti pamakaian gadget seperti tidak lepas, bahkan sampai bisa melakukan multitasking.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN