Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

7 Emosi yang Dimiliki Manusia Beserta Fungsinya dalam Psikologi!

27 Maret 2023   08:55 Diperbarui: 27 Maret 2023   09:16 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Emosi adalah keadaan mental atau perasaan yang dialami seseorang yang melibatkan perubahan fisiologis, kognitif, dan perilaku. Dalam kajian ilmu psikologi, emosi yang dimiliki manusia sering dianggap sebagai respons atau reaksi terhadap suatu stimulus.

Baik itu berasal dari faktor internal (misalnya, pikiran dan perasaan) maupun eksternal (misalnya, situasi atau lingkungan). Emosi bisa bersifat positif seperti senang, bahagia, cinta, dan juga bisa bersifat negatif seperti sedih, marah, takut, atau cemas.Β 

Selain itu, emosi juga dapat mempengaruhi pikiran, tindakan, dan perilaku seseorang. Penelitian psikologi telah menunjukkan bahwa emosi dapat memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Termasuk hubungan interpersonal, kesehatan mental dan fisik, dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih baik tentang emosi dapat membantu seseorang mengelola emosi dengan lebih efektif dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka.

Emosi yang Dimiliki Manusia

Manusia memiliki berbagai jenis emosi yang kompleks dan bervariasi. Beberapa emosi yang paling umum dan penting dalam psikologi meliputi:

1. Kebahagiaan

Kebahagiaan adalah emosi positif yang muncul ketika seseorang merasa senang dan puas dengan hidupnya. Kebahagiaan dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik seseorang, serta memperkuat hubungan sosial.

2. Kesedihan

Kesedihan adalah emosi negatif yang muncul ketika seseorang merasa kehilangan atau merasa tidak bahagia. Kesedihan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang, serta mengurangi kualitas hidup.Β 

Kamu mungkin bisa mengekspresikannya dengan kata-kata sedih untuk merasa emosimu tervalidasi. Seperti merasa lega karena terwakilkan dengan kata-kata atau melepaskannya dengan bercerita dengan orang terdekat.

3. Marah

Marah adalah emosi negatif yang muncul ketika seseorang merasa tidak adil atau merasa terancam. Marah dapat memicu perilaku agresif dan meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Takut

Takut adalah emosi negatif yang muncul ketika seseorang merasa terancam atau tidak aman. Takut dapat memicu respons "fight or flight" yang meningkatkan kewaspadaan dan kecepatan reaksi, namun jika berlebihan bisa menjadi masalah.

5. Cemburu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun