Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

6 Langkah dalam Menyusun Naskah Pidato Singkat yang Benar!

20 Maret 2023   11:30 Diperbarui: 20 Maret 2023   11:29 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: jarmoluk/Pixabay

Pidato singkat adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan dari seseorang kepada khalayak. Ide atau gagasan yang perlu untuk disampaikan adalah bersifat informatif, supaya bisa memberikan manfaat untuk banyak orang yang mendengarkannya.

Pidato singkat yang baik tentunya harus dimulai dengan persiapan yang baik juga. Seseorang yang akan berpidato harus tahu betul apa yang nantinya akan dirinya sampaikan di depan para audiensnya.

Membuat teks pidato singkat yang baik dan benar memang bukanlah hal yang mudah. Terdapat banyak hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, tentang kerangka yang baik dan sesuai dengan kaidah.

Nah, jika kamu sedang mempersiapkan sebuah naskah pidato singkat, kamu perlu memperhatikan langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat pidato singkat.

Langkah-langkah Dalam Membuat Teks Pidato Singkat

Persiapan adalah hal yang sangat penting dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam melakukan penyampain teks pidato singkat. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk kamu menyusun teks pidato singkat.

1. Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat naskah pidato singkat yang menarik adalah dengan menentukan topik. \

Menentukan topik bisa membantu kamu dalam menguasai materi, mencari materi yang mendukung topik, serta menyertakan bukti sebagai penguat alasan.

2. Menentukan Tema

Dalam membuat naskah pidato singkat, sebaiknya dipersempit dengan menentukan tema, sehingga materi yang kamu bahas pada pidato singkat tidak meluas. Hal tersebut juga bisa memberi efek yang lebih rinci dari pembahasan.

Terlebih, kalau kamu ada di dalam agenda formal dalam sebuah perayaan tertentu. Jadi, membuat naskah pidato singkat harus disesuaikan dengan tema acara tersebut.

3. Menetapkan tujuan terlebih dahulu

Seperti yang sudah diketahui mengenai tujuan pidato, maka sekarang kamu harus menentukan tujuan pidato singkat yang akan kamu sampaikan. Apakah pidato singkat yang kamu sampaikan bertujuan persuasif, informatif, atau rekreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun