Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

6 Komponen Seni Lukis dan Penjelasannya yang Harus Kamu Ketahui!

13 Januari 2023   14:06 Diperbarui: 13 Januari 2023   14:13 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian seni lukis merupakan salah satu dari berbagai macam cabang dari seni rupa yang diciptakan hasil dari sebuah imajinasi yang kemudian dituangkan melalui suatu media yaitu gais, tekstur, warna, gelap terang, bidang, dan juga bentuk.

Seni lukis juga disajikan ke dalam bidang dua dimensi dan tiga dimensi. Media yang digunakan dalam seni lukis adalah kanvas, papan, kertas, dan sebagainya. Jika membahas mengenai seni lukis, maka memiliki beberapa komponen di dalamnya. Komponen dalam seni lukis ini terdiri dari tiga elemen, yait subyek, bentuk, dan juga isi.

Ketiga elemen ini yang sangat diperlukan dan wajib diperhatikan, karena dengan adanya perpaduan yang tepat dari ketiga elemen tersebut, maka seorang seniman mampu menghasilkan sebuah karya seni lukis yang sangat baik.

Jika kamu sudah memahami pengertian seni lukis, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui tentang komponen seni lukis. Untuk itu, berikut ini penjelasan tentang komponen yang mampu membentuk seni lukis yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Komponen Seni Lukis

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

Pada sebuah karya seni lukis yang baik, maka harus memuat komponen di dalamnya. Berikut ini komponen dalam seni lukis.

1. Komposisi

Komposisi adalah salah satu cara untuk merangkai unsur-unsur yang akan memberikan suatu bentuk pada suatu karya seni lukis,seperti warna, bidang, ruang, garis, dan juga gelap terang. Dengan komposisi, maka suatu karya seni bisa mencapai suatu kesatuan yang harmonis.

Komposisi biasanya berkaitan dengan penyusunan pada unsur-unsur kesenian dengan mengaturnya supaya menjadi lebih bagus, teratur, dan juga serasi. Hal ini menjadi sangat penting dalam seni lukis karena dalam membuat sebuah karya seni yang bagus diperlukan keharmonisan untuk mencapai nilai estetik.

Komposisi yang baik adalah berkaitan dengan keseimbangan. Terlalu berlebihan atau kurang juga tidak akan bagus.Β 

2. Balance

Balance atau keseimbanagn merupakan salah satu cara untuk mengatur supaya serasi saat dilihat oleh mata dan terlihat sangat jelas. Keseimbangan yang simetris ini adalah hasil dari penggabungan dua objek dengan membagi dua bidang secara bersamaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun