Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

9 Cara Mudah Bangun Malam untuk Tahajud!

22 November 2022   08:00 Diperbarui: 22 November 2022   08:04 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by mamaed_NUrrohmad on Pixabay

Shalat Tahajud merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat disukai Allah. Cara sholat tahajud yang diimplementasi di sepertiga malam membuat orang sulit melakukannya. Di waktu malam ini, tidak sedikit orang yang mengeluh tidak bisa bangun malam.Β 

Padahal, jika kita rutin melaksanakan shalat tahajud, maka dijanjikan Allah SWT akan diberikan tempat terpuji di sisi-Nya. Ada beberapa tips bagaimana cara mudah bangun malam untuk tahajud yang bisa kamu praktekkan secara konsisten.

Cara Mudah Bangun Malam untuk Tahajud

Berikut ini cara mudah bangun malam untuk tahajud yang bisa kamu lakukan agar terbiasa untuk rutin melaksanakan tahajud:

1. Niat untuk Bangun Sepertiga Malam

Agar alam bawah sadar kamu bisa bekerja sama, mulailah dengan merencanakan untuk bangun di sepertiga malam. Niat adalah nilai terpenting jika ingin melakukan sesuatu. Niat baik akan membantu untuk membangunkanmu saat sepertiga malam tiba.

2. Hindari Begadang di Malam Hari

Tubuh juga butuh istirahat. Begadang mempersingkat waktu istirahat dan membuat kamu jadi lebih sulit untuk bangun karena tidak cukup tidur. Disarankan untuk menyetel ulang waktu tidur maksimum menjadi pukul 22:00 atau bisa pergi tidur lebih awal.

3. Perhatikan Posisi Tidur

Tidur yang baik meningkatkan waktu istirahat kamu. Tidur miring ke kanan adalah posisi tidur yang baik untuk tidur malam yang nyenyak. Nabi pun menganjurkan posisi tidur ini agar tubuh dapat berfungsi secara optimal meski sedang beristirahat.

4. Minumlah Air Sebelum dan Sesudah Tidur

Air putih yang baik mengandung oksigen dalam bentuk mineral yang berguna bagi tubuh. Air tidak hanya dapat meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga dapat membantu tubuh merasa lebih nyaman saat bangun.Β 

Jadi, tidak ada alasan untuk malas bangun tengah malam karena masih mengantuk atau terlalu lelah.Β 

5. Disiplin dan Konsistensi

Jika kamu terbiasa bangun jam tiga pagi, jangan sekali-kali melewatkan jadwal tersebut. Mengikuti jadwal ini akan memudahkan tubuh untuk bangun pada waktu-waktu tersebut, sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan sholat tahajud secara rutin.

6. Tetapkan Waktu Tidur Secara Rutin atau Waktu Tidur Awal

Jika kamu berencana untuk melakukan sholat tahajud pada jam 2 atau 3 pagi, tidurlah 4-5 jam sebelumnya. Jadi, cobalah sesuaikan waktu tidur kamu untuk menyesuaikan durasi tidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun