Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku ūüďö

ūüďĖ Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. ūü§ó

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

3 Agustus 2022   08:04 Diperbarui: 3 Agustus 2022   08:06 73 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Anak-anak  menyerap sesuatu sejak dini. Oleh karena itu, sangat disarankan agar orang tua mengembangkan kebiasaan positif seperti membacakan dongeng sebelum tidur secara teratur selama masa golden age anak mereka. 

Berapapun usia anak, mendengarkan cerita pengantar tidur sangat bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan otak, memperkuat ikatan orangtua-anak, dan mempelajari banyak keterampilan penting yang akan berguna bagi anak-anak sepanjang hidup mereka.

Dalam jangka panjang, kebiasaan mendongeng dari orang tuanya dapat memberikan keajaiban bagi anak-anak. Itulah sebabnya rutin membacakan dongeng pada anak juga jadi cara parenting orang tua yang baik.

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak

Berikut ini tujuh manfaat membacakan dongeng untuk anak  sebelum tidur, seperti dilansir  Bright Side:

1. Ajari Anak Kesabaran 

Kesabaran adalah salah satu keterampilan paling berharga dalam hidup yang  tidak dimiliki  banyak orang. Namun, membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur dapat mengajari mereka kesabaran sejak usia dini. 

Selain mengembangkan kesabaran, membacakan dongeng sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengar aktif anak. Anak-anak akan berlatih untuk fokus dan memahami sesuatu yang sederhana dalam konsep berpikirnya. 

2. Perkaya Kosakata Anak 

Menurut  penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Rhode Island, anak-anak yang banyak membaca dongeng cenderung  memahami lebih banyak kata daripada mereka yang tidak membaca sama sekali. 

Mereka menemukan bahwa  anak-anak yang secara teratur mendengarkan dongeng sebelum tidur  mengalami peningkatan kosakata reseptif sebesar 40%. 

Sedangkan kelompok anak-anak yang biasanya tidak mendengarkan dongeng sebelum tidur mengalami peningkatan kosakata reseptif hanya sebesar 16% yang tidak meningkat. Hal ini menunjukan kebiasaan mendongeng memberi kebiasaan yang baik untuk tumbuh kembang anak.  

3. Merangsang Imajinasi Anak 

Membacakan dongeng kepada anak  tidak hanya merangsang daya ingatannya, tetapi juga merangsang daya imajinasinya. Semakin sering orang tua membacakan  dongeng untuk anak-anak sebelum tidur,  akan semakin mudah bagi mereka untuk memvisualisasikan kata-kata dan cerita yang  dibacakan dalam pikiran mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan