Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Menyusun Strategi Social Media Marketing yang Efektif dan Tepat

1 Agustus 2022   09:46 Diperbarui: 1 Agustus 2022   09:50 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tren dalam dunia social media marketing memang sangatlah cepat. Untuk menjadi yang terdepan, maka diperlukan strategi social media marketing yang tepat agar hasilnya efektif.

Strategi social media marketing merupakan ringkasan dari semua rencana dan harapan yang ingin dicapai suatu perusahaan atau brand di social media. Hal ini memandu tindakan dan juga memberi tahu kamu apakah kamu akan berhasil atau gagal.

Setiap melakukan posting konten, balasan, suka, serta komentar harus mempunyai tujuan. Semakin spesifik strategi sosial media kamu, maka semakin efektif pula eksekusi yang kamu lakukan.

Namun, apakah semua brand atau perusahaan sudah menerapkan strategi social media marketing dengan tepat? 

Sebelum mempelajari strategi social media marketing yang tepat, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu mengenai apa itu social media marketing. Dengan begitu, kamu bisa membuat strategi social media marketing dengan lebih mudah.

Bagaimana Menyusun Strategi Social Media Marketing yang Tepat?

Menjalankan sebuah bisnis, berarti kamu mempunyai tugas panjang karena harus memastikan bahwa bisnis yang kamu jalankan tidak hanya bertahan, tetapi juga dapat berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kamu harus memulai untuk mempersiapkan strategi pemasaran apa yang tepat untuk bisnis kamu.

Memulai pemasaran melalui social media berarti kamu juga sudah harus memiliki strategi yang tepat. Kamu bisa mencoba menerapkan beberapa strategi social media marketing berikut ini ke strategi bisnis kamu.

topbusinesswoman.co.za 
topbusinesswoman.co.za 

1. Tentukan Tujuan Social Media Marketing

Salah satu masalah yang paling signifikan yang biasa dihadapi oleh banyak bisnis yang engaged di social media adalah bahwa mereka tidak pernah menghabiskan waktunya untuk menetapkan tujuan dari social media marketing yang relevan serta realistis. Mereka tahu kalau mereka harus ada di social media, tetapi mereka tidak mengetahui kenapa mereka ada di sana.

Tentu, tujuan dari social media marketing yang kamu miliki harus sesuai dengan perencanaan bisnis kamu secara keseluruhan. Nah, idealnya, kamu akan menetapkan sasaran strategi untuk bagaimana bisnismu akan berkembang. Sasaran pada social media marketing-mu ini harus bisa melengkapi sasaran bisnis kamu secara menyeluruh.

2.Pastikan bahwa tujuan strategi marketing-mu mampu mengatasi tantangan terbesar

Selanjutnya, kamu perlu mencari tahu apa yang kamu mau dari social media. Mungkin kamu menginginkan pelanggan yang lebih social-savvy, atau bisa juga agar bisnismu lebih dikenal banyak orang. Apapun tujuannya, ingatlah, bahwa perencanaan dalam social media marketing layaknya maraton, bukanlah lari cepat. Jadi, kamu harus selalu berusaha untuk menetapkan tujuan yang sebetulnya ingin kamu capai.

Misalnya, kamu berharap mendapatkan jutaan pengikut baru di tahun 2022, namun itu hal yang sulit. Namun, kamu bisa menetapkan tujuan yang lebih realistis. 

Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan upaya serta cara yang lebih masuk akal dan terjangkau untuk memperoleh pengikut yang banyak. Pada akhirnya, nanti tujuan kamu akan bisa mempengaruhi segalanya, mulai dari anggaran sampai kepada jaringan social media yang kamu tuju.

3. Selidiki strategi social media marketing kompetitor

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu biasanya akan memiliki pesaing yang juga menjalankan strategi social media marketing. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang mereka lakukan, seperti fokusnya mereka apa, bagaimana cara mereka menarik pengikut mereka, siapa yang ditargetkan, dan sebagainya.

Dengan kamu melakukan analisis kompetitormu, akan membuatmu lebih memahami kekuatan dan kelemahan dari kompetitor. Hal ini bisa memberi kamu pemahaman yang lebih tentang apa yang diharapkan oleh pelanggan potensial dari bisnis yang kamu kelola.

4. Buatlah konten yang cocok pada follower-mu

Tentu saja, untuk bisa sukses di social media marketing, kamu membutuhkan sebuah konten yang sangat berkualitas tinggi untuk bisa kamu bagikan ke publik. Salah satu yang menjadi kesalahan yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis dalam social media marketing adalah mereka membagikan materi promosi secara berlebihan.

Perlu diingat bahwa, social media dirancang untuk bersosialisasi, bukan untuk menjual produk kamu secara langsung. Makanya, kamu perlu menyeimbangkan konten yang kamu bagikan melalui social media.

Kamu bisa membuat konten yang mencampur antara konten informatif dengan hiburan, lalu ditambah dengan sedikit persentase materi promosi.

Nah, itu dia strategi social media marketing yang harus kamu pelajari supaya bisa sukses dalam menjalankan social media marketing. Social media sendiri mempunyai kekuatan serta menjadi magnet tersendiri untuk menarik lebih banyak lagi calon pembeli. 

Hal yang paling penting adalah kamu harus memastikan bahwa kamu mempunyai target audiens dan strategi social media marketing yang sesuai dengan tujuan dari bisnis yang kamu kelola.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun