Mohon tunggu...
Grace Evanda
Grace Evanda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Atmajaya Yogyakarta

Mencoba menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia, Serupa atau Berbeda?

14 September 2020   19:06 Diperbarui: 15 September 2020   11:38 198 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia, Serupa atau Berbeda?
source : https://kr.usembassy.gov/

Keberadaan internet sebagai salah satu bagian dari munculnya New Media memang membawa banyak perubahan di masyarakat. Akses masyarakat terhadap informasi menjadi lebih terbuka, dengan berbagai pilihan sumber informasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan audiens. 

Aktivitas jurnalisme juga lebih dimudahkan, terutama dengan adanya jurnalisme online dan jurnalisme multimedia. Bersifat multimedia, kini satu produk jurnalistik bisa dinikmati dengan dua atau lebih jenis media sekaligus, seperti gambar, video, dan teks dalam satu klik.

Sebelum mengulik lebih jauh soal perbedaan antara jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, lebih baik jika kita mengenal sedikit soal jurnalisme online dan jurnalisme multimedia.

JURNALISME ONLINE 

source : https://medium.com/@nrsatish29
source : https://medium.com/@nrsatish29

Jurnalisme online ialah aktivitas jurnalistik yang dilakukan secara online dengan berbasis jaringan internet.

Jurnalisme online yang biasa disebut juga dengan jurnalisme siber, e-journalism, atau jurnalisme internet dapat diartikan sebagai jurnalisme yang diproduksi secara eksklusif untuk dihadirkan atau didistribusikan melalui World Wide Web sebagai elemen grafis internet (Widodo, 2019 : 21).

Terdapat dua lingkup dalam jurnalisme online.

Lingkup pertama yang lebih berfokus pada editorial content sampai ke situs-situs web yang berbasis pada konektivitas public (public connectivity). Editorial content artinya teks yang dibuat atau diedit oleh jurnalis dan konektivitas publik mengarah pada komunikasi langsung ke publik.

Lingkup yang kedua terbagi menjadi 2 macam, yakni situs terbuka dan situs tertutup. Situs terbuka memungkinkan pengguna untuk berkomentar dan memposting sesuatu tanpa penyaringan terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan