Mohon tunggu...
Grace D. S.
Grace D. S. Mohon Tunggu...

Mahasiswa gabut yang suka dunia desain grafis, kuliner, nonton film, dan kerelawanan.

Selanjutnya

Tutup

Muda

Tips Mudah Menambah Uang Saku bagi Mahasiswa

15 Mei 2018   22:18 Diperbarui: 15 Mei 2018   22:36 0 1 1 Mohon Tunggu...
Tips Mudah Menambah Uang Saku bagi Mahasiswa
Dompet tebal, hati senang. | Foto: theboar.org

Siapa sih yang gak pengen dapet uang saku yang gede? Kalau lo berasal dari keluarga yang berak duit (lol)tentunya ini bukan suatu masalah. Tapi gak semua orang dapat privilege itu, kan? Dipertengahan bulan gini, gue sering banget menyesali pengeluaran-pengeluaran sebelumnya yang setelah dipikir-pikir sangat gak penting. 

Apalagi kalau udah akhir bulan, pusing deh karena jadi gak bisa foya-foya lagi. Mau minta ke orang tua buat transfer duit, jelas gak enak dong. Makanya gue sering mikir, kegiatan-kegiatan apa yang bisa nambahin uang saku gue. Akhirnya gue kepikiran beberapa tips buat nambah-nambah uang saku dan dua dari empat tips ini memang sering gue lakukan.

Jual barang bekas

Gue adalah seseorang yang demen banget melakukan thrift shopping. Selain harganya murah-murah, gak jarang juga gue nemuin barang-barang yang bermerk. Kadang kalau udah ke thrift shop suka kalap, eh tapi pas sampe rumah bajunya dicobain lagi ternyata kekecilan. Lemari semakin penuh dan sumpek. Baju-baju bekas yang sekiranya masih bagus, bisa banget tuh dijual lagi. Sekarang banyak aplikasi atau situs untuk jual beli barang bekas, kayak Prelo atau Carousel. Lumayan banget 'kan untuk nambah uang saku.

Rajin-rajin cari beasiswa

Di universitas gue banyak banget beasiswa yang bisa kita apply. Kisaran biaya yang diterima juga lumayan banget. Malesnya adalah persyaratannya yang banyak kadang buat jadi males untuk apply, tapi kalau mau nambah uang jajan ya mau gak mau gak boleh males. Asalkan jangan apply beasiswa yang diperuntukkan untuk orang yang kurang mampu ya, Kompasianers. Hehehe

Buka jasa titip

Ini salah satu yang lagi nge-trend banget. Coba deh buka jasa titip kalau kalian lagi jalan-jalan ke suatu tempat, apalagi kalau tempat yang dikunjungi punya produk-produk yang lagi hits di Indonesia. Contohnya seperti buka jastip produk make-up Korea, dijamin bakal banyak yang cari deh.

Ikut lomba-lomba tanpa biaya daftar

Banyak banget akun-akun media sosial yang share informasi tentang lomba atau kuis yang gak pake biaya daftar. Dulu gue pernah ikut lomba foto salah satu obat haid, yang harus diunggah ke Facebook dan harus mencari 'likers' sebanyak-banyaknya. Malu sih, tapi ya lanjutin aja karena gue waktu itu lagi gencar-gencarnya ikut kuis-kuis gratis. Untungnya gak sia-sia sih, karena menang juga =)