Mohon tunggu...
Ervan Yuhenda
Ervan Yuhenda Mohon Tunggu... Lainnya - Independen

Indonesia, Pembaca Buku, Penonton Film, Pendengar Musik, Pemain Games, Penikmat Kopi, Senang Tertawa, Suka Berimajinasi, Kadang Merenung, Mengolah Pikir, Kerap Hanyut Dalam Khayalan, Mengutamakan Logika, Kadang Emosi Juga, Mudah Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan, Kadang Bimbang, Kadang Ragu, Kadang Pikiran Sehat, Kadang Realistis, Kadang Ngawur, Kondisi Ekonomi Biasa-Biasa Saja, Senang Berkorban, Kadang Juga Sering Merepotkan, Sering Ngobrol Politik, Senang Dengan Gagasan-Gagasan, Mudah Bergaul Dengan Siapa Saja, Namun Juga Sering Curiga Dengan Siapa Saja, Ingin Selalu Bebas, Merdeka Dari Campur Tangan Orang Lain. Kontak : 08992611956

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Mengatasi Polusi Udara, Langkah Nyata Menuju Langit Biru

20 Mei 2024   18:51 Diperbarui: 28 Mei 2024   09:23 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi langit biru cerah. (Foto: KOMPAS.com/DANUR LAMBANG PRISTIANDARU)

Polusi udara telah menjadi masalah global yang mengancam kesehatan manusia dan keseimbangan ekosistem. Dampak negatif dari polusi udara dirasakan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap hari. 

Sedangkan di Indonesia, polusi udara adalah salah satu masalah lingkungan paling mendesak yang memerlukan perhatian serius dari pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. 

Mengatasi polusi udara bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan komitmen dan langkah-langkah yang tepat, kita dapat membuat perubahan signifikan menuju langit biru yang lebih bersih dan sehat. 

Kita akan membahas langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk mengatasi polusi udara dan memperbaiki kualitas udara di Indonesia.

Peningkatan Transportasi Publik


Transportasi merupakan salah satu kontributor terbesar polusi udara di perkotaan. Kendaraan bermotor pribadi, terutama yang menggunakan bahan bakar fosil, menghasilkan sejumlah besar emisi karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan partikel-partikel berbahaya lainnya. 

Untuk mengurangi polusi udara dari sektor transportasi, peningkatan kualitas dan kuantitas transportasi publik adalah langkah yang sangat penting.

Pemerintah dapat berinvestasi dalam infrastruktur transportasi publik yang lebih baik, seperti bus listrik, kereta api, dan jalur sepeda. Bus listrik, misalnya, tidak menghasilkan emisi saat beroperasi, sehingga dapat secara signifikan mengurangi polusi udara di perkotaan. 

Selain itu, pengembangan jalur sepeda yang aman dan terintegrasi dengan sistem transportasi publik dapat mendorong lebih banyak orang untuk bersepeda, yang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Peningkatan transportasi publik juga dapat dicapai melalui pengenalan kebijakan tarif yang terjangkau dan sistem tiket terintegrasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun