Mohon tunggu...
Given Nice
Given Nice Mohon Tunggu... Lainnya - 190906932

Hallo teman-teman, perkenalkan saya mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Hoax dalam Jurnalisme Multimedia di Masa Pandemi (Studi Kasus: Vaksin Chip)

23 Oktober 2021   00:00 Diperbarui: 25 Oktober 2021   22:51 74 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: afterofsilencee.blogspot.com

Pada era modern kemajuan teknologi informasi membawah masuk internet sebagai proses perkembangan yang mempengaruhi sebagian besar kehidupan manusia. Internet memilik sistem jaringan global yang dapat diakses secara universal.

Dampak yang ditimbulkan mselalui pertumbuhan internet adalah membuka ruang besar bagi penyebaran informasi, seperti arsip hiperteks yang terhubung dengan World Wide Web (WWW), surat elektronik, smarthpone, dan pendistribusian beragam file.

Pengaruh internet yang kuat itulah yang membuat perubahan pada media baru sebagai konten yang disajikan berdasarkan permintaan (on demand) melalui internet.

Ketika mengkaji lebih jauh spesifikasi media baru, yakni:

  1. Digital: penyimpanan informasi dalam bentuk hard disk yang terhubung dengan satelit untuk konvergensi macam-macam format informasi seperti teks, audio, ataupun visual dengan bantuan smartphone.
  2. Interaktif: media baru membuka peluang besar bagi banyak orang untuk ikut serta secara aktif dalam menjadi produsen maupun konsumen media.
  3. Hypertextual: hypertext atau tautan (link) adalah inovasi dari media baru yang memberikan kesempatan bagi semua orang untuk membagikan informasi sesuai yang mereka inginkan.
  4. Global: kecepatan dan jangkauan media baru yang luas mengakibatkan informasi terus bertambah dan tidak berkurang.
  5. Virtual: menampilkan satu keadaan yang terlihat seperti nyata. Seperti, kita bertemu seseorang melalui virtual meeting seolah-olah membuat kita merasa sudah bertemu dengan langsung.
  6. Simulated: menampilkan suatu kejadian nyata menjadi kejadian stimulan.

Semua perkembangan menghasilkan sesuatu pola kehidupan baru. Semakin terbuka dan memiliki jaringan yang besar membuat akses di berbagai media jadi lebih mudah dan cepat.

Jurnalisme Multimedia

Sumber: kompasiana.com
Sumber: kompasiana.com

Jurnalisme merupakan proses mendokumentasi kejadian sehari-hari. Sementara multimedia adalah penggabungan dari beberapa media konvensional seperti televisi yang menyajikan konten video dan audio, dan koran menampilkan konten teks dan gambar.

Multimedia membuat pertumbuhan media semakin meningkat. Bila digabungkan jurnalisme multimedia adalah satu kegiatan mencari, menghimpun, dan mengirimkan berita kepada publik melalui Web, email, SMS, MMS, dan platfrom media lain dengan format non linear kemudian diberikan teks, foto, video, audio, dan musik untuk menarik minat audience.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan