Mohon tunggu...
Anggita Rahma
Anggita Rahma Mohon Tunggu... Penulis yang suka dunia pendidikan

Hallo Salam Kenal ya! Mari kita sama-sama belajar.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan di Masa Pandemi, Penting?

6 Juli 2020   00:30 Diperbarui: 6 Juli 2020   00:30 189 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan di Masa Pandemi, Penting?
Foto: Dokumentasi pribadi

Pers Release Berita KKN Covid-19 UNS Batch 1

Pendidikan tidak dapat ditinggalkan untuk mencerdaskan generasi bangsa. Di masa pandemi Covid-19 ini apakah pendidikan masih dibilang penting?. Seluruh sekolah dan Perguruan Tinggi  yang ada di Indonesia ditutup untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Tentu hal ini tidak salah, karena Covid-19 bergerak sangat cepat dan mudah. Lalu, bagaimana nasib peserta didik di masa pandemi ini?. Apakah mereka tetap mementingkan pendidikan?. Faktanya banyak peerta didik yang mulai acuh dengan pendidikan teruma di masa pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia. Pendidikan dinilai menjadi hal yang sudah lagi tidak penting. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa ilmu hanya didapatkan saat pembelajaran formal di sekolah saja. Ditambah tidak semua orang tua peserta didik memahami materi yang dipelajari oleh anaknya. Hal ini membuat peserta didik sudah lupa dengan materi yang didapatkan selama ini. Ditambah pembelajaran daring dinilai sangat tidak efisien. Dari permasalahan yang dipaparkan tersebut membuat saya bersemangat untuk bergerak melakukan aksi sosial dalam bidang pendidikan ditengah pamdemi yang sedang berlangsung. Aksi sosial ini dalam wadah KKN Era Covid-19 UNS.

  • Sebelum menuju inti dari apa yang akan saya sampaikan tentang penting atau tidaknya pendidikan di masa pandemi ini. Perkenalkan saya Anggita Rahmawati Kusuma dengan NIM K1217007, dibawah naungan dosen pembimbing lapangan KKN saya yaitu Bapak Drs. Wardi Hendro Saputro, M.Si. Lokasi KKN ini tidak lain berada di lingkungan tempat tinggal saya sendiri yang beralamat di Bulu Etan Rt 02, Rw 02, Salam, Karangpadan, Karanganyar. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 10 Mei hingga 14 Juni 2020 (35 hari). Tema besar "Pendidikan" menjadi acuan dasar saya untuk melakukan kegiatan ini. Walaupun dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 3 (tiga) program yaitu, Pendampingan Belajar, Edukasi Cetak Covid-19 dan Pembagian Logistik Kesehatan. Tema besar pendidikan saya ambil guna menyadarkan kepada masyarakat terkait dengan pentingnya pendidikan dan edukasi terkait dengan Covid-19. Pendampingan belajar menjadi program utama yang terus saya lakukan sampai saat ini. Pengetahuan masyarakat yang masih minim tentang pendidikan membuat saya yakin untuk belajar menjadi pahlawan pendidikan untuk masyarakat yang ada di sekitar saya.

            Begitu pentingnya pendidikan sangat disayangkan jika masyarakat tidak mengangap prioritas. Pendampingan belajar saya lakukan hampir setiap hari guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus belajar agar tidak dibodohi oleh perkembangan zaman yang semakin bergerak cepat. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini, semakin banyak orang tua bahkan peserta didik yang sangat acuh dengan pendidikan. Bahkan, hanya untuk memegang buku saja rasanya tidak ada waktu untuk mereka. Lantas, apakah pendidikan penting di tengah pandemi Covid-19 ini?. Tentu saja jawabannya "YA" dalam kondisi apa saja pendidikan akan selalu penting. Hanya saja kita sebagai generasi yang lebih paham harus mau menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan dan pembangkitan minat belajar bagi masyarakat terkusus peserta didik. Di lingkungan saya, anak-anak sangat antusias untuk mengikuti setiap pendampingan belajar yang saya lakukan. Terlebih, dalam kegiatan ini saya membagikan alat tulis untuk menunjang kegiatan belajar mereka. Agar tidak bosan peserta didik juga diajak untuk mengenal tentang apa itu Covid-19 dan cara pencegahannya. Tidak lupa, logistik kesehatan juga saya berikan untuk memaksimalkan pemutusan penyebaran Covid-19.

Foto: Dokumentasi pribadi
Foto: Dokumentasi pribadi
                                                        

                Pendampingan belajar ini memberikan efek yang baik atas kesadaran masyarakat untuk tetap belajar dan mencari ilmu. Walaupun tidak semua anak mau untuk belajar, setidaknya 50% anak-anak di lingkungan kegiatan KKN berlangsung sadar akan pentingnya pendidikan bagi mereka. Hal itu juga membuat saya semangat untuk terus mendampingi proses belajar setiap anak yang mau untuk diajak mengenal dunia lebih luas. Sejatinya, pembelajaran harus terus dilakukan dengan kondisi apapun karena pendidikan yang baik akan melahirkan generasi yang baik pula bagi bangsa.

            

Foto: Dokumentasi pribadi
Foto: Dokumentasi pribadi
 

Foto: Dokumentasi pribadi
Foto: Dokumentasi pribadi
                                                            

            Selain menyuarakan pentingnya pendidikan di masa pandemi ini, saya juga mengenalkan media informasi dan IT kepada peserta didik yang sudah beranjak dewasa. Hal ini saya lakukan untuk mengantisipasi buta teknologi kepada generasi muda zaman sekarang. Karena sejatinya teknologi telah menguasai seluruh kehidupan manusia, terutama saat pandemi ini berlangsung. Selain itu, edukasi tidak hanya diberikan dalam bentuk pembelajaran tetapi juga bahaya Covid-19, cara pencegahannya, dan ciri-ciri yang dimiliki virus tersebut saat menyerang manusia. Hal ini sangat penting diberikan kepada masyarakat, karena masih banyak diantaranya yang masih tidak paham dengan Covid-19 ditambah dengan banyaknya berita hoaks yang semakin meresahkan.

            Covid-19 memang merusak seluruh tatanan yang ada di dunia ini, termasuk sistem pendidikan yang telah dirancang. Sehingga, kita sebagai generasi muda harus memberikan kontribusi dan aksi nyata kepada masyarakat sekitar agar sadar dan tidak menganggap remeh pendidikan. Walaupun, pembelajaran daring memang diberlakukan tetapi hal tersebut tidak dapat berjalan secara maksimal. Pendampingan belajar secara langsung sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Sehingga, pendidikan tetap diutamakan dan mencegah rantai penularan Covid-19 juga tetap digelorakan. Tidak lupa setiap melakukan aktivitas di luar harus terus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Semoga pandemi ini segara usai dan pembelajaran luring dapat berjalan normal kembali.

VIDEO PILIHAN