Mohon tunggu...
Githa AnggrainySaputri
Githa AnggrainySaputri Mohon Tunggu... Akuntan - Ruang Temu

fun and positive site that I will share with you. You can reach me on linktr.ee/githanggrainy

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Wisata Panyaweuyan di Tengah Pandemi

26 Agustus 2020   10:44 Diperbarui: 26 Agustus 2020   10:53 465 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Terasering yang sengaja dibuat untuk menghindari longsor. Foto: Githa Anggrainy

Awal tahun 2020 ini, Majalengka kerap menjadi pembicaraan wisatawan lokal di media sosial karena ke asrian serta keindahan alam yang sangat mempesona. Bukit Terasering Panyaweuyan, siapa sangka tempat para petani mengais rezeki kini dijadikan sebagai Objek Wisata di Majalengka?

Petani setempat memang sengaja membuat lahan terasering yang menanam tanaman ubi jalar, bawang merah dan bawang putih dengan maksud agar tidak terjadinya longsor. Namun rupanya ide tersebut membuat Bukit Panyaweuyan menjadi terkenal. 

Bukti Penyaweuyan atau Terasering Panyaweuyan terus di kelola dengan baik oleh masyarakat yang dibawahi oleh pemerintah desa Tejamulya sejak lama, sehingga kini dapat mendorong wisatawan luas untuk berdatangan melihat pesona hijau Panyaweuyan yang berjarak sekitar 20km dari pusat kota Majalengka atau waktu tempuh sekitar 50menit perjalanan dari pusat kota Majalengka. Bukti Terasering Panyaweuyan ini dibangun menjadi Objek Wisata oleh pemerintah provinsi Jawa Barat sejak tahun 2019.

Objek wisata ini berada di Argapura, Majalengka tepatnya di kaki Gunung Ciremai sebuah gunung api aktif dengan ketinggian 3.078mdpl. Seiring dengan kepopuleran Bukit Terasering Panyaweuyan, perbaikan dan pembangunan terus dilakukan, fasilitas di Bukit Terasering Panyaweuyan juga sudah memadai mulai dari area parkir, toilet, dan mushola sehingga wisatawan tidak perlu cemas walau sedang berwisata jauh dari keramaian dan akan tetap terpenuhi kebutuhanya. Bukan hanya itu di Bukit Panyaweuyan juga terdapatnya akses pejalan kaki untuk menuju ke puncak bukit untuk mendapatkan spot foto terbaik.

Foto: Githa Anggrainy
Foto: Githa Anggrainy

Setelah sebelumnya ditutup karena Pandemi, Objek Wisata Panyaweuyan kembali menjadi incaran destinasi Wisatawan Lokal. Pada puncak Bukit Terasering Panyaweuyan, wisatawan dapat menikmati pemandangan terasering lebih indah. 

Beberapa anak muda terlihat sibuk mengabadikan momen di puncak Bukit Terasering Panyaweuyan kegiatan ini sudah menjadi rutinitas favorit wisawatan saat berkunjung, dengan disuguhkan pemandangan indah ditengah tanaman hijau yang menyegarkan, sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Majalengka.

Untuk harga tiket masuk ke Bukit Terasering Panyaweuyan ini sendiri juga sangat terjangkau bagi semua kalangan yaitu sebesar Rp. 5000/orang, Parkir Mobil Rp. 10.000 dan Parkir Motor Rp. 5000.

Akses ke Bukit Terasering Panyaweuyan. Foto: Githa Anggrainy
Akses ke Bukit Terasering Panyaweuyan. Foto: Githa Anggrainy

Akses menuju tempat wisata ini tergolong sempit. Wisatawan yang membawa kendaraan tidak disarankan untuk melaju dengan kencang saat menuju ke Bukit Terasering ini, selain sempit sisi kanan-kiri jalan kadang terdapat tebing yang curam dan jika terdapat dua mobil berpapasan maka harus ada yang menepi guna memberikan ruang untuk kendaraan lain lewat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan