Mohon tunggu...
Gita Mayastika
Gita Mayastika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Pendidikan Teknik Bangunan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021 Program Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan

24 Juli 2021   09:07 Diperbarui: 24 Juli 2021   09:27 98 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021 Program Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak pertama kali kemunculan Corona Virus Disease atau Covid-19 pada awal Desember 2019 lalu di Wuhan, China kini organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah menetapkannya sebagai pandemi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak dimana-mana atau meliputi geografi yang luas. Artinya, virus corona telah diakui menyebar luas hampir ke seluruh dunia. WHO sendiri mendefinisikan pandemi sebagai situasi ketika populasi seluruh dunia ada kemungkinan akan terkena infeksi dan berpotensi sebagian dari mereka jatuh sakit. Sedangkan dilansir ABC News, pandemi adalah epidemi global. Epidemi sendiri adalah wabah atau peningkatan kasus penyakit dengan skala yang lebih besar.

Terhitung pada 20 Juli 2021, rekor kasus harian infeksi Covid-19 di Indonesia terkonfirmasi sebanyak 38.325. Kini total kumulatif orang terpapar virus corona di Indonesia mencapai 2.950.058 kasus. Sementara itu, dilaporkan 1.280 kematian baru, yang membuat kasus kematian secara keseluruhan menjadi 76.200. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti kampanye dirumah saja, social distancing, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), work from home, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), serta pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut dilakukan dengan harapan agar masyarakat tetap berada dirumah untuk menghentikan penyebaran virus corona. 

Dengan adanya situasi seperti ini tentunya memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan, salah satunya dalam dunia pendidikan. Sekolah yang awalnya melakukan pembelajaran tatap muka sekarang beralih menjadi pembelajaran daring (online). Hal ini menjadi tantangan baru bagi tenaga pendidik maupun peserta didik dimana dipaksa untuk bisa melek terhadap teknologi. Dimana ini merupakan satu-satunya yang menjadi jembatan untuk tenaga pendidik dan peserta didik untuk melakukan pembelajaran daring.  Pada kenyataannya dilapangan ada banyak hambatan dalam pembelajaran daring yang menjadi kendala sehingga hal ini menjadi peluang untuk mahasiswa sebagai agent of chance yang bisa memberikan sebuah solusi untuk pembelajaran daring.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai salah satu intitusi pendidikan melakukan kontribusi dalam upaya penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan. Program kegiatan yang ada pada KKN Tematik ini antara lain: penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran bagi tenaga pendidik, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, mendesain, membuat, melengkapi  dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan., membantu administrasi sekolah secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan, membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di  bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke Youtube KKN UPI, Membuat artikel untuk berita (misal: berita.upi.edu) atau  artikel untuk jurnal, Menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Desa/Kelompok Masyarakat/Sekolah dengan LPPM UPI, membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil  program unggulan Kuliah Kerja Nyata.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN