Mohon tunggu...
Giovani Yudha
Giovani Yudha Mohon Tunggu... Freelancer - Gio

Sarjana HI yang berusaha untuk tidak jadi Bundaran

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Aturan Offside Terlambat dalam Sepak Bola

24 Agustus 2021   21:50 Diperbarui: 13 September 2021   16:44 504 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Aturan Offside Terlambat dalam Sepak Bola
VAR melakukan pengecekkan kemungkinan Offside/Sumber: Michael Regan/Getty Images

Sudah selebrasi buka baju, ternyata offside tipis....

Itulah yang dialami oleh bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, ketika mencetak gol penentu kemenangan melawan Udinese. Alih-alih membawa 3 poin, bendera offside yang terlambat membuat Juventus hanya membawa 1 poin plus Ronaldo harus menerima kartu kuning akibat selebrasinya.

Ronaldo adalah satu dari sekian pesepak bola yang menjadi korban offside terlambat. Korban dari offside terlambat bukan hanya dari pemain yang melakukan serangan tetapi juga yang dalam posisi bertahan. 

Contohnya, Rui Patricio, mantan kiper Wolverhampton, dalam laga melawan Liverpool musim lalu dirinya bertabrakan dengan rekan setimnya Conor Coady saat mencoba menghalau Salah mencetak gol. 

Posisi Salah sudah offside, namun hakim garis baru mengangkat benderanya saat bola sudah masuk ke gawang. Keterlambatan ini membuat Rui Patricio mengalami cedera di kepalanya dan harus diberi bantuan oksigen selama 15 menit.

Pasca kejadian tersebut, pelatih Liverpool Juergen Klopp dan wasit senior Liga Inggris Mark Halsey, meminta untuk meninjau kembali aturan offside terlambat ini.

Kalau kita lihat dalam pertandingan sepak bola, pasti akan melihat juga bagaimana ekspresi pemain kesal sekali dengan aturan ini. Sebab, aturan ini ibarat memberi tahu kalau ada ranjau saat sudah terkena ranjau.

Sekilas tentang aturan offside

Cristiano Ronaldo terkena offside saat bertandang melawan Udinese pada laga perdana Serie A 2021/2022/Sumber: twitter/@panditfootball
Cristiano Ronaldo terkena offside saat bertandang melawan Udinese pada laga perdana Serie A 2021/2022/Sumber: twitter/@panditfootball

Dilansir dari FIFA via Kompas dan Okezone, offside sudah diterapkan sejak tahun 1863 dalam permainan sepak bola dan sudah mengalami empat kali revisi. 

Kini, aturan offside yang digunakan dalam pertandingan sesuai Laws of the Game oleh International Football Association Board (IFAB) adalah seperti ini: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan