Mohon tunggu...
Giovaniald
Giovaniald Mohon Tunggu... Berbagi untuk Mengerti

Lebih Jeli Lebih Paham Dan Terbuka

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Membangkitkan Media Informasi Melalui Saluran Radio sebagai Media Masa Kini

12 Desember 2019   10:50 Diperbarui: 12 Desember 2019   11:26 431 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangkitkan Media Informasi Melalui Saluran Radio sebagai Media Masa Kini
learn.zhato-tech.id

Radio menjadi sarana untuk menerima informasi, karena Radio menjadi sarana yang dapat diputar dimana saja dan kapanpun, walau ya memang terkadang kendala utamanya adalah Frekuensi yang kadang ada dan kadang hilang. Namun hal itu tidak menjadi kendala yang berarti.

Terkait hal tersebut, Radio adalah sarana yang benar-benar mampu memikat para pendengar hingga warga yang ada di pelosok desa, yang biasanya mereka sering mendengarkannya dirumah, dan di ladang atau kebun untuk menghilangkan rasa sepi atau jenuh ketika seharian beraktifitas.

Radio pun dapat didengar dimana saja, kapan saja dan yang membuat Radio menjadi pilihan adalah karena melalui Radio kita dapat mendengarkan siaran di Radio melalui telpon seluler yang sehari-hari  digunakan. Inilah mengapa Radio tidak pernah lepas dari pendengaran hampir di setiap aktifitas dan keseharian, disamping kesibukan dalam bekerja dan ber kuliah ini mungkin bagi para mahasiswa.

Radio mampu menyatukan berbagai kalangan dan tanpa memandang tingkat popularitas, karena di radio kita sama, sama-sama hanya menjadi pendengar. Inilah salah satu keunggulan pada Radio, yang mana mampu untuk menyatukan dan memberikan rasa nyaman dan paling utama tentunya dapat menghibur semua kalangan. Tak lupa pula, Radio pun menjadi sumber berita bagi masyarakat.

Terlepas pada media yang hanya mampu menjadi sarana pendengaran saja, namun disinilah menjadikan Radio tetap menjadi pilihan masyarakat dalam memilih berita. Karena mereka tidak hanya mendegarkan Radio akan tetapi mereka dapat menerka-nerka atau bahkan berimajinasi akan apa yang di sampaikan oleh penyiar Radio dan apa yang disampaikaan akan menjadi ingatan tersendiri karena para pendengar yang bukan hanya mendengar saja, namun juga dapat meng imajinasikan apa sih yang disampaikan oleh si Penyiar Radio tersebut.

Problemnya sekarang ialah, sudah sedikit dan jarang sekali dijumpai masyarakat yang mau dan masih menjadikan radio sebagai media informasi maupun hiburan bagi mereka, hal ini dikarenakan sudah maraknya perkembangan teknologi yang mengharuskan mereka mengikuti zaman dan tentunya sedikit meninggalkan media radio dengan beralih ke media audio visual dan media online.

Tak jarang dijumpai pula masyarakat yang menghabiskan waktu berjam jam hanya untuk berselancar menggunakan telpon seluler mereka dengan kualifikasi telpon pintar (smartphone). Hal inilah yang tanpa mereka sadari dapat merusak hubungan antar individu maupun sesama masyarakat itu sendiri, yang mana sering terjadi informasi informasi yang belum jelas keasliannya namun langsung mereka terima begitu saja tanpa menyaring dan mencari kebenaran terlebih dahulu dari informasi apapun yang mereka dapatkan.

Dibalik hal tersebut, radio sebenarnya mampu bertahan dan masuk menjadi satu diantara banyak media lainnya yang masih bertahan hingga kini, karena tetap saja ada hati yang terpikat dengan media radio ini, disamping menemani kesibukan dan mengisi ruang dikala sunyi, radio memiliki daya tarik tersendiri dengan informasi dan program yang disampaikan, terlebih lagi mendengarkan penyiarnya yang tersendiri dengan gaya dan suara yang dapat memikat hati para pendengar selain menjadi teman dikala sunyi dan mampu menjadi pemikat disetiap kali penyiar melakukan siaran melalui media radio tersebut.

Dengan demikian, sudah semestinya kita tetap dan terus mendengarkan informasi informasi melalui saluran radio untuk tetap menjaga dan menjadikan media radio sebagai media masa kini yang tak lekang dimakan waktu dan menjadi media yang mampu bersaing dengan media media lainnya dan tentu menjadi media yang memberikan informasi menarik, aktual dan terpercaya dan tentunya pula menjadi media hiburan dikala kesibukan dan aktifitas yang menemani hari hari kita.

Harapannya semoga Radio tetap mengudara dan menyiarkan segala informasi dan hiburan  sampai ke seluruh beranda negeri ini dan menjadi media pemersatu dan pemberi manfaat bagi semua kalangan dan lapisan masyarakat dimanapun berada dengan tagline "Sekali Diudara Tetap Diudara" dan "Tonton Apa yang Anda Dengar". Sehingga dengan adanya media radio ini, dapat pula mencegah maupun menangkal informasi dan berita berita yang belum jelas akan kebenarannya dan menjadi media masa kini yang digandrungi oleh masyarakat dan kaum millenials saat ini dengan harapan mampu memvisualkan apa yang mereka dengar.

Terakhir, meskipun hari Radio jatuh setiap tanggal 11 September, setidaknya dengan tulisan ini dapat mengembalikan kejayaan Media Audio ini dapat kembali eksis dan menjadi salah satu media pilihan untuk menerima informasi dan mendapatkan hiburan yang benar-benar mendidik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x