Mohon tunggu...
Valentinus ReligioP
Valentinus ReligioP Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Hobi menjadi Homo Homini Socius

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pendidikan Siber, Investasi Keamanan Siber Masa Depan

10 September 2022   14:24 Diperbarui: 12 September 2022   20:00 624 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Keamanan Siber di Indoensia. (sumber: Thinkstock via kompas.com)

Dewasa ini, masyarakat dunia mulai lekat dengan internet, bahkan internet seakan menjadi kebutuhan primer setiap orang. 

Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat dari teknologi satu ini. Internet memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Manfaat terbesar dari internet adalah mempermudah proses pemenuhan kepentingan, urusan, serta kebutuhan si pengguna internet.

Saat ini, masyarakat tidak harus melakukan transaksi jual beli di pasar secara langsung, namun masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli lewat pasar daring (e-commerce) yang sangat mudah untuk diakses. 

Selain itu kewajiban masyarakat sebagai warga negara juga dipermudah lewat internet, salah satu contohnya adalah kewajiban untuk membayar pajak yang dapat diurus lewat internet yang pastinya menggunakan program tertentu.

Lalu, peran internet juga dapat dirasakan saat ini, ketika dunia menghadapi wabah COVID-19. Internet membantu pemerintah setempat dan masyarakat dalam mengambil langkah yang tepat untuk menghadapi pandemi COVID-19. 

Keberhasilan pemerintah dalam pemerataan jumlah vaksinisasi di Indonesia juga termasuk dampak baik dari pemanfaatan internet, sebab pemerintah memprogram aplikasi e-HAC dan Peduli Lindungi untuk memantau data kasus COVID-19 dan vaksin. 

Hampir semua manfaat dari internet merupakan buah dari digitalisasi data-data kependudukan, sebab dengan demikian segala urusan yang berkaitan dengan identitas diri akan lebih mudah untuk diurus.

Dengan ikut serta dalam mendigitalisasi identitas diri berarti sebagai manusia, kita juga ikut serta merubah diri menjadi manusia digital. Memang, menjadi manusia digital dapat mempermudah berbagai macam kebutuhan dan kepentingan. 

Namun, di balik itu terdapat berbagai bentuk ancaman yang malah memberikan dampak buruk bagi kita. Salah satu ancamannya yaitu pencurian data oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Data dan identitas diri yang kita digitalisasi dapat dicuri dan dapat pula disalahgunakan. Kasus seperti ini telah menjadi hal biasa dalam dunia internet. Seperti kasus besar yang belakangan ini terjadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan